1. HOME
  2. FOODILICIOUS
KULINER

Ini Penyebab Kenapa Jagung Gagal Jadi Popcorn?

Cara membuatnya jugatidak sulit. Namun, kita harus mengetahui bahwa tidak semua jagung yang dimasak berkembang jadi popcorn.

By Ita Malau 5 November 2015 17:01
Ilustrasi popcorn (pixabay)

Money.id - Popcorn merupakan salah satu cemilan favorit saat bersantai. Untuk menikmati popcorn, kita tidak selalu harus membeli. Membuatnya sendiri di rumah juga bisa menjadi pilihan.

Cara membuatnya jugatidak sulit. Namun, kita harus mengetahui bahwa tidak semua jagung yang dimasak berkembang jadi popcorn.

Seperti dikutip dari sajiansedap, kulit jagung yang utuh dan getah merupakan rahasia terjadinya letupan pada popcorn, hingga membentuk butiran jagung yang merekah putih.

Saat jagung popcorn dipanaskan pada tekanan dan suhu tinggi, maka pati dalam jagung akan tergelantinisasi.

Pada suhu mencapai 18oC, air dalam jagung akan berada pada fase gas sehingga memberi tekanan yang besar ke arah permukaan jagung dan menekan kulit jagung yang getas.

Nah, ketika kulit jagung tidak dapat menahan pelepasan uap air tersebut, timbullah letupan.

Bila kulit jagung berlubang karena serangga atau rusak karena benturan fisik, maka uap air yang terbentuk akan terlepas begitu saja melalui celah yang ada.

Sehingga, tidak cukup tekanan untuk dapat membuat biji jagung meletup menghasilkan bentuk popcorn yang diinginkan. (poy)

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section