1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Jenis-jenis Suplemen Makanan Pembentuk Tubuh

Bagi mereka yang ingin memiliki tubuh six pack, tak serta merta cukup dengan latihan beban saja.

By Azalia Amadea 20 Mei 2016 12:55
Ilustrasi suplemen untuk olahraga (Foto: straight.com)

Money.id - Bagi mereka yang gemar melakukan aktivitas olahraga atau fitnes pasti akrab dengan suplemen makanan. Terlebih bagi mereka yang ingin memiliki tubuh six pack. Tubuh six pack tidak hanya serta merta didapat melalui latihan beban saja. Agar tubuh dapat terbentuk membutuhkan asupan tambahan yaitu suplemen makanan.

Suplemen diproduksi dalam berbagai bentuk seperti tablet, kapsul, maupun susu bubuk. Seperti dilansir dalam laman duniafitnes.com Jumat 20 Mei 2016 ada beberapa jenis suplemen makanan yang dapat Anda konsumsi untuk mendapatkan tubuh six pack.

1. Suplemen protein
Suplemen ini merupakan suplemen yang paling digemari oleh mereka pencinta fitnes. Protein merupakan makanan utama pembentuk otot. Jika otot tidak mendapatkan asupan protein dalam jumlah yang cukup makan otot akan sulit terbentuk.

Dalam sehari, tubuh kita memerlukan 1 gram protein setiap 1 kilogram berat badan. Suplemen jenis ini dibutuhkan tubuh ketika makanan yang kita makan tidak dapat memenuhi kebutuhan protein kita. Jika Anda ingin membeli suplemen ini pastikan dalam kemasan tertulis 100 persen mengandung protein, umumnya suplemen protein dibanderol seharga Rp300 ribuan-Rp2 jutaan.

2. Suplemen creatine
Creatine memiliki kemampuan untuk meningkatkan ukuran sel otot serta menambah energi saat fitnes. Bagi yang gemar melakukan aktivitas angkat beban sangat cocok untuk mengonsumsi suplemen creatine. Dengan mengonsumsi suplemen jenis ini otot dapat berkontraksi secara maksimal.

Suplemen creatine yang umum dikonsumsi adalah Creatine Monohydrate seharga Rp390 ribuan. Suplemen ini dapat meningkatkan ukuran sel otot dan memberi tambahan tenaga serta menunjang intensitas latihan agar lebih rutin.

3. Suplemen glutamin
Glutamin adalah asam amino non-esensial yang sebenarnya dapat diproduksi sendiri oleh tubuh. Glutamin berfungsi pada fase pemulihan yang dapat mencegah otot agar tidak cedera setelah latihan.

Selain itu, suplemen jenis ini juga dapat mencegah katabolisme otot atau penyusutan otot. Harga suplemen glutamin sekitar Rp500 ribuan yang diminum atau dicampurkan dalam makanan setelah melakukan latihan olahraga.

4. Suplemen multivitamin dan mineral
Jenis suplemen lainnya yang penting dikonsumsi adalah suplemen multivitamin dan mineral. Suplemen ini dapat menunjang perkembangan otot agar menjadi besar. Selain itu, suplemen ini juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh selama latihan.

Kandungan mineralnya juga diperlukan tubuh untuk membantu produksi sel darah merah dan mengalirkan oksigen ke semua sel dalam tubuh. Dalam suplemen ini juga mengandung zinc yang membantu pembentukan hormon testosteron yang berperan bagi pertumbuhan otot. Harga suplemen ini berkisar Rp300 ribuan per botolnya yang dapat mengoptimalkan fungsi tubuh. 

Baca Juga

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section