1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Dia Ide Masakan Berbahan Dasar Nasi

Mungkin salah satu dari 14 ide ini bisa anda gunakan untuk memasak saat liburan

By Nur Chandra Laksana 6 Maret 2016 09:12
Yaki Onigiri (onegreenplanet.org)

Money.id - Nasi adalah salah satu makanan yang paling penting di dunia. Bagi miliaran orang, terutama bagi yang tinggal di daerah Aisa, nasi adalah salah satu sumber utama rezeki mereka.

Selain itu, nasi juga bagian penting dari banyak budaya, ritual, upacara, perayaan dan cerita rakyat. Bagi sebagian orang, nasi bahkan menjadi makanan pokok.

Nasi merupakan komponen yang sangat bergizi dalam diet sehat. Bahan makanan ini tinggi karbohidrat kompleks, tidak mengandung lemak atau kolesterol dan rendah natrium. Nasi bahkan menjadi pilihan para vegetarian karena bebas dari gluten.

Meski bisa dimasak sebagai bahan makanan utama, nasi ternyata bisa jadikan masakan yang menggugah selera. Berikut adalah 25 jenis masakan berbahan dasar nasi yang unik dan menarik dari berbagai belahan dunia, seperti dilansir dari laman Onegreenplanet.


1. Yaki Onigiri

Onigiri (nasi kepal) adalah makanan ringan yang populer di Jepang. Onigiri biasa dimakan dalam keadaan dingin. Namun, yaki (yang berarti 'digoreng') adalah onigiri goreng yang sangat lezat. Yaki onigiri bahkan lebih lezat ketika dicelupkan ke dalam saus teriyaki. Saus manis dan gurih tersebut akan menambahkan beberapa kelezatan ekstra untuk camilan kecil ini.


2.Bubur Shiitake dan Kale

Bubur adalah jenis masakan berbahan nasi yang secara tradisional populer di banyak negara Asia. Jika bubur biasa dibuat dari nasi putih, bubur shiitake dan kale dimasak menggunakan bahan-bahan bergizi seperti nasi merah, jamur shiitake, kale, dan jahe. Bubur ini sangat bergizi, nikmat, dan sangat sempurna untuk memulihkan kebugaran tubuh setelah sakit atau saat lelah.


3. Sup Nasi Merah Kari Thailand

Sup nasi merah kari Thailand ini sangat nikmat jika disantap panas-panas saat udara dingin. Kombinasi rempah pedas dan kandungan gizi yang tinggi pada nasi merah membuat sup ini layak untuk dicoba. Apalagi jika ditaburi sayur-sayuran seperti brokoli, rasanya semakin yummy.


4. Kitchari 

Kitchari adalah makanan favorit yang lezat di India, terutama pada saat bulan puasa. Meskipun terlihat sederhana, Kitchari memiliki gizi tinggi. Bahan dasar Kitchari adalah nasi basmati dan kacang hijau dengan banyak rempah-rempah sebagai bumbunya.


5. Nasi Goreng Kao Pad Thai

Makan sepiring nasi goreng Kao Pad Thai akan membuat Anda serasa di Thailand. Nasi goreng ini diolah dengan penambahan cabai merah Thailand yang terkenal pedas. Sepiring Kao Pad Thailand akan memberikan sensasi panas dan tendangan yang beraroma khas.


6. Bubur Nasi Nepal

Ini adalah versi vegetarian dari Bubur Nasi Ayurvedic yang juga sama-sama dari Nepal. Secara tradisional bubur ini dimakan sebagai "makanan pertama" bagi ibu setelah melahirkan karena membantu pencernaan dan memulihkan energi. Anda dapat memakannya sebagai dessert di saat cuaca dingin atau sarapan yang akan menyehatkan Anda.


7. Tomat Isi dari Yunani

Tomat Isi Nasi adalah makanan tradisional yang populer di Yunani. Di sana makanan ini dianggap camilan sayuran bernama gemistes. Selain nasi, tomat juga diisi dengan berbagai bahan makanan yang menyehatkan, seperti kismis, kacang pinus panggang, dan rempah segar. Tentu saja ketika digigit tomat isi Yunani ini  memiliki begitu banyak rasa yang indah.


8. Nasi Kelapa Thailand

 

Negara Thailand sepertinya kaya akan jenis masakan berbahan dasar nasi. Salah satunya nasi kelapa Thailand yang bernilai gizi tinggi dan pedasnya sangat dahsyat. Pasalnya, nasi dimasak bersama santan, sayuran, jahe, bawang putih, kacang goreng, dan jalapeno atau cabai Meksiko.


9. Nasi Kuning dengan Kacang Pignoli dan Kismis Emas

 

 

Nasi kuning unik ini cocok dijadikan teman saat makan sarapan atau makan siang.


10. Salad Nasi dan Kacang Hijau

 

Salad nasi unik ini berisi aneka jenis sayur dan kacang-kacangan. Ada almond, cranberry, tomat kering, zaitun, dan tentu saja nasi hangat yang menggugah selera. Salad ini bisa dihidangkan saat panas atau dingin. Gabungan sayuran, nasi, dan kacang-kacangan menawarkan tekstur unik yang membuat Anda ketagihan.


11. Bubur Pulut Hitam

 

Ini adalah makanan khas dari Malaysia dan Indonesia. Rasanya sangat kaya dan sangat kental namun tidak terlalu manis. Bahan dasarnya sangat sederhana, hanya nasi hitam, santan, daun pandan, dan gula kelapa.


12. Veggie Sushi dengan Tempe Asap dan Alpukat

 

Jika Anda bosan dengan sayuran sushi yang itu-itu saja, cobalah Veggie Sushi dengan Tempe Asap dan Alpukat. Sushi gulung ini dikemas dengan rasa yang unik. Tempe asap dikombinasikan dengan alpukat yang lembut dan kaya vitamin, serta biji wijen renyah sehingga menjadi salah satu hidangan cukup menarik.


13. Mujaddara

 

Mujaddara adalah hidangan kuno yang nasial dari abad ke-13. Hidangan ini dibuat dari kacang dan nasi, dan dihidangkan hangat-hangat. Lentil dan nasi dibumbui dengan rempah-rempah yang hangat, kemudian ditaburi bawang goreng di atasnya, sehingga rasanya menjadi renyah. Saus yoghurt lemon menambah elemen dingin dan masam yang bercampur dengan pedasnya rempah-rempah.


14. Nasi Orak-arik Tahu

Nasi jenis ini akan memberikan rasa baru tentang nasi goreng. Nasi orak-arik tahu adalah hidangan cepat dan mudah dibuat, yang rasanya menendang dan akan membuat Anda kenyang selama berjam-jam. Kombinasi pedas, manis dan asin memperkaya rasa dari jenis nasi yang bisa dimakan sebagai sarapan, makan siang atau makan malam ini.

Baca Juga

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section