1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Tepat Memilih Daging Cincang Segar

Daging cincang mudah terpapar oksigen sehingga mudah mengalami perubahan warna dan mudah basi.

By Azalia Amadea 10 Maret 2016 11:10
Ilustrasi daging cincang segar (Foto: royco.co.id)

Money.id - Daging cincang merupakan salah satu jenis olahan daging yang memiliki tekstur lebih halus, bebas serat serta urat. Daging cincang dapat dikatakan sebagai salah satu cara ekonomis untuk menghidangkan sajian daging di rumah.

Daging cincang dapat diolah dalam porsi yang lebih besar dengan harga relatif lebih terjangkau. Daging cincang biasanya nikmat dijadikan olahan seperti bakso, burger, ataupun dijadikan saus daging untuk olahan spageti.

Namun karena bentuk yang berbeda dengan daging potong pada umumnya, perlu ada sedikit perbedaan dalam cara memilih dan menyimpan daging cincang yang perlu diperhatikan.

Foto: royco.co.id

Dilansir dalam laman royco.co.id Kamis 10 Maret 2016, daging cincang lebih mudah terpapar oksigen yang dapat menyebabkan mudah mengalami perubahan warna dan mudah basi.

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan saat membeli daging cincang agar tidak mudah berubah warna dan tidak mudah basi.

1. Perhatikan warna daging cincang sebelum membeli 

Daging yang berwarna merah muda atau kemerahan berarti masih segar. Sedangkan dagin cincang yang sudah tidak baik memiliki ciri-ciri warnanya yang sudah berubah menjadi keabu-abuan.

Jika bagian luar daging cincang masih berwarna kemerahan tetapi bagian dalamnya telah berubah menggelap, daging cincang masih bisa digunakan asal telah disimpan dengan baik dan belum melewati tanggal kedaluwarsa.

2. Coba perhatikan aroma dan tekstur daging cincang 

Daging cincang yang sudah tidak layak digunakan akan berbau tidak sedap atau busuk dan terasa berlendir saat disentuh.

3. Perhatikan juga kemasan daging cincang 

Sebelum memutuskan untuk membelinya. Pilihlah daging cincang yang kemasannya terbungkus rapat dan tidak rusak.

4. Pastikan tidak banyak air atau cairan yang menggenang dalam bungkus daging cincang

Jika banyak cairan dalam kemasan maka daging cincang tidak disimpan dalam suhu yang cukup dingin atau dapat dikatakan daging cincang sudah lama.

Bagi Anda yang sudah membeli daging cincang simpan daging dalam freezer. Setelah dicairkan sebaiknya langsung diolah agar tekstur daging tersebut tidak rusak. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section