1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Menyiasati Kuah Sup yang Terlalu Asin

Siasati sajian kuah sup atau soto yang terlalu asin dengan tips berikut ini.

By Azalia Amadea 11 Maret 2016 13:21
Ilustrasi sajian sup nikmat (Foto: royco.co.id)

Money.id - Masakan yang nikmat adalah yang bercita rasa tepat dan sesuai dengan selera lidah kita. Rasa menjadi hal yang paling penting untuk suatu sajian masakan baik manis, gurih, asam, pahit maupun asin.

Saat membuat suatu masakan terutama yang berkuah, tidak sengaja mungkin Anda memasuKkan terlalu banyak garam. Sehingga kuah sup menjadi terlalu asin, namun jangan buang kuah kaldu sup yang sudah jadi tersebut.

Dilansir dalam laman royco.co.id Jumat 11 Maret 2016, berikut cara yang tepat untuk menyiasati sajian sup atau soto yang terlalu asin.

Foto: royco.co.id

1. Tambahkan kuah kaldu yang belum dibumbui. Dengan cara ini, rasa kuah kaldu tak akan berubah, namun intensitas rasa asin akan dapat berkurang. Kalau Anda tak memiliki sisa kaldu, tambahkan saja air biasa.

2. Rasa asam dari perasan jeruk nipis atau sedikit cuka bisa menyeimbangkan rasa kaldu sup atau soto Anda. Tetapi, biasanya cara ini hanya ampuh pada kaldu sup atau soto yang intesitas keasinannya hanya sedikit.

3. Tambahkan bahan seperti nasi, mi, bihun, atau pasta pada sajian sup atau soto Anda. Bahan makanan ini akan menyerap garam yang berlebih dari kuah kaldu.

4. Masukkan kentang yang telah dikupas dan dipotong ke dalam sop atau soto Anda, lalu panaskan dengan api sedang selama sekitar 10-15 menit. Setelah itu, Anda dapat mengeluarkan kentang tersebut dari sajian sup atau soto atau tetap menyajikannya. Kentang tersebut dapat membantu menyerap garam berlebih pada kuah.

Sebaiknya, sebelum Anda memasukkan bumbu, perhatikan takarannya dengan tepat. Masukkan garam sedikit demi sedikit agar sajian masakan Anda tidak menjadi keasinan.

Sebelum menambahkan garam kembali cicipi terlebih dahulu kuah sup atau soto, agar Anda dapat mengira-ngira takaran garam yang akan ditambahkan. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section