1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini Cara Olah Bunga Sedap Malam dalam Sajian Kimlo

Sedap malam yang digunakan dalam kimlo tidak sama dengan bunga sedap malam yang biasa dipajang di rumah.

By Azalia Amadea 25 Januari 2016 14:25
Iustrasi sajian kimlo dengan sedap malam (Foto: royco.co.id)

Money.id - Sedap malam adalah bunga yang memiliki harum khas di saat malam menjelang. Bukan hanya sekedar sebagai pengharum ruangan, bunga ini juga dapat dijadikan bahan dalam masakan loh.

Masakan yang menggunakan bunga sedap malam adalah tekwan dan sop kimlo. Namun, mungkin tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana cara mengolah bunga ini dalam masakan.

Sedap Malam dalam Sajian Sop Kimlo

Sedap malam yang digunakan dalam berbagai masakan tidak sama dengan bunga sedap malam yang biasa Anda pajang di rumah. Sedap malam yang Anda temukan dalam sop kimlo atau tekwan adalah bunga kering yang berasal dari bunga pisang.

Bahan ini bisa Anda temukan di pasar tradisional, toko bahan makanan Cina, atau di bagian bahan makanan Cina di supermarket langganan Anda.

Dilansir dalam laman royco.co.id Senin 25 Januari 2016, berikut tips sederhana mengolah bunga sedap malam dalam masakan Anda.

1. Rendam terlebih dahulu sedap malam hingga mekar, lalu cuci 2-3 kali. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan aroma asam sedap malam.

2. Bagian putik sedap malam bisa terasa pahit. Karena itu, buang putiknya sebelum Anda mengolahnya.

Setelah dipilih dan disiapkan, bunga sedap malam pun siap diolah sebagai bahan tambahan pada sop kimlo atau pun tekwan. Salah satu tips yang bisa Anda coba saat memasak sop kimlo adalah menutup wajan selama beberapa saat waktu menumis bunga sedap malam.

Uap yang muncul akan membuat masakan jadi lebih wangi dan sedap. Setelah tumisan bunga sedap malam layu, barulah masukkan tumisan tersebut ke dalam kuah kaldu sop kimlo.

Trik sederhana ini tentu akan menyempurnakan sajian sop kimlo Anda. Bila diolah dengan tepat, sedap malam akan menjadi bahan tambahan yang membuat sajian sop kimlo Anda menjadi semakin lengkap. (ita)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section