1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Ini 10 Tips Membuat Bakso Sendiri di Rumah

Rendam adonan bakso dalam air es atau bersama es batu agar bakso menjadi lebih kenyal dan padat.

By Azalia Amadea 29 Maret 2016 12:48
Ilustrasi bakso ala rumahan (Foto: royco.co.id)

Money.id - Bakso merupakan makanan favorit segala usia, anak-anak, remaja, hingga dewasa. Bakso juga nikmat dijadikan sajian apa saja baik berkuah maupun pelengkap dalam tumisan sayur.

Namun, alangkah baiknya jika bakso yang akan Anda makan merupakan hasil buatan sendiri. Selain rasa yang lebih nikmat dan sesuai selera, kebersihan dan bahan-bahan yang digunakan juga terjamin.

Apalagi saat ini banyak beredar bakso-bakso yang mengandung boraks dan formalin. Sehingga menimbulkan kekhawatiran.

Membuat bakso sendiri di rumah sebenarnya tidak terlalu sulit. Bahan yang Anda butuhkan hanyalah daging giling, baik itu daging sapi, ayam, udang, ataupun ikan, remah roti, telur sebagai pengikat, serta bumbu seperti garam dan lada.

Dilansir dari laman royco.co.id Selasa 29 Maret 2016, berikut 10 tips membuat bakso sendiri di rumah.

1. Untuk membuat bakso daging sapi, pilihlah daging dengan sedikit lemak dan bebas urat, misalnya daging lemusir dan gandik. Perbandingan daging dengan lemak adalah sekitar 80:20.

2. Agar bakso semakin kenyal, Anda bisa menambahkan remah roti pada adonan bakso.

3. Jaga agar tangan Anda tetap basah saat mengaduk dan membentuk adonan bakso menjadi bulatan, sehingga adonan tidak menempel ke tangan.

4. Hindari mengaduk adonan terlalu lama atau terlalu keras agar bakso tidak menjadi terlalu padat.

5. Rebus adonan bakso yang telah dibentuk sampai bakso terapung. Angkat bakso, lalu rendam sebentar dalam air es. Hal ini membantu bakso tetap kenyal dan padat.

6. Rendam adonan bakso dalam air es atau bersama es batu agar bakso menjadi lebih kenyal dan padat.

7. Bila Anda ingin membuat bakso ikan, gunakan ikan berdaging putih seperti tenggiri, kakap, kerapu, belida, atau gabus, karena ikan berdaging putih bisanya lebih padat sehingga bakso menjadi lebih mudah dibentuk. Selain itu, ikan berdaging putih akan menghasilkan bakso dengan tekstur yang lebih kenyal.

8. Penggunaan bahan segar adalah faktor penting untuk bakso berkualitas. Jadi gunakan daging serta bahan-bahan lain yang masih segar untuk bakso Anda.

9. Simpan bakso dalam wadah tertutup rapat. Bila disimpan dalam freezer, bakso bisa bertahan sampai sebulan. Sedangkan kalau disimpan dalam kulkas, bakso bisa bertahan selama sekitar satu minggu.

Jika bakso dibaluri tepung dan disimpan dalam freezer tanpa ditumpuk satu sama lain, bakso bisa bertahan sampai dua bulan.

10. Daging sebagai bahan utama bakso sebaiknya benar-benar halus. Anda bisa menghaluskannya menggunakan food processor atau penggiling daging. Tumbuk lagi daging yang telah digiling menggunakan ulekan agar semakin halus. (poy)

Baca Juga

 

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section