1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

Menghilangkan Stres dengan Makanan Sehat

Makan makanan yang menyehatkan harus dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari.

By Adhi 21 Mei 2016 18:02
Simplehealthkitche.com

Money.id - Stres adalah kondisi yang sering dialami oleh para pekerja, dan parahnya lagi mereka mengalami kesulitan mengatasi stres secara efektif.

Stres yang dialami para pekerja kebanyakan disebabkan oleh keterbatasan waktu, dikejar deadline, berselisih dengan rekan kerja, atau tidak bisa menyeimbangkan antara kehidupan keluarga dan karier.

Jika stres dibiarkan berlanjut tanpa ada upaya untuk mengatasinya, maka para pekerja menjadi tidak efektif dalam pekerjaan mereka dan sering menghabiskan waktu di rumah karena sakit. Tentu saja, semua itu sangat merugikan bagi perusahaan.

Tanda-tanda yang paling terlihat bagi para pekerja yang mengalami stres adalah kesehatan yang buruk, kehidupan sosial yang kacau, atau emosi yang labil.

Semua itu kemudian berdampak dalam kehidupan sehari-hari. Seperti marah-marah kepada anak dan pasangan tanpa alasan yang jelas, tidak punya energi untuk bersenang-senang dengan keluarga, bekerja terasa berat, produktivitas menurun atau kehilangan hubungan baik dengan teman.

Stres tidak bisa dihilangkan sama sekali dalam kehidupan. Namun stres bisa dikelola. Sehingga saat menghadapi situasi atau kondisi yang penuh tekanan, mereka tidak sampai mengungkapkannya dalam bentuk frustrasi atau marah tanpa kendali.

Dan salah satu cara mengelola stres adalah dengan menciptakan kebiasaan makan makanan yang menyehatkan.

Cara ini tidak menuntut perubahan dalam semalam. Tetapi, agar terjadi perubahan, dibutuhkan waktu, latihan, dan kesadaran untuk menggunakan kebiasaan tersebut kapan pun, terlebih ketika dilanda stres.

Makan secara teratur akan membantu seseorang tetap kuat dan memungkinkan dia untuk menjadi efektif dalam kehidupan pribadi dan profesionalnya.

Beberapa orang bekerja secara shift, jadi disarankan untuk membuat jadwal tidur dan makan secara teratur. Banyak yang mengatakan membuat jadwal ini saja sudah stres, tetapi orang akan semakin stres jika makan tanpa pernah berpikir tentang dampaknya bagi kesehatan.

Memberi makan tubuh dengan makanan bergizi setiap hari akan membuat tubuh tetap sehat dan pikiran semakin tajam.

Orang akan segera menyadari bahwa makan makanan bergizi secara teratur setiap hari akan memberikan tubuh energi dan stamina, meningkatkan kesehatan, pikiran akan lebih fokus dan terarah, serta meningkatkan kepercayaan diri.

Dengan makan makanan yang menyehatkan, orang akan mampu menangani stres dengan cara yang lebih produktif. Stres tidak akan lagi berpengaruh negatif terhadap kehidupan pribadi dan profesionalnya.

Dan seperti manajemen stres lainnya, makan makanan yang menyehatkan harus dijadikan sebagai kebiasaan sehari-hari. Tentu saja, kebiasaan yang menyehatkan ini tidak punya 'hari libur' atau hari di mana mereka bisa kembali ke kebiasaan yang tidak menyehatkan.

Pelajari bagaimana memilih dan memilah makanan menyehatkan dengan baik dan jangan makan tanpa memikirkan dampaknya. Ada waktu dan tempat untuk setiap makanan yang Anda inginkan. Buatlah pilihan yang cerdas.

Gunakan kebiasaan makan yang menyehatkan sebagai cara untuk mengurangi stres, sehingga setiap aspek kehidupan menjadi lebih bermakna.

Baca juga:

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section