1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Coba Yuk! Resep Hits Mango Sticky Rice Dessert Ala Thailand

Rasanya ketannya yang gurih dan manisnya potongan mangga seketika lumer di mulut.

By Azalia Amadea 22 Maret 2016 08:12
Ilustrasi sajian mango sticky rice (Youtube.com)

Money.id - Mango sticky rice atau ketan mangga ini merupakan salah satu makanan penutup khas negara gajah, Thailand. Rasa ketannya yang gurih sangat menyatu dengan rasa manis potongan buah mangga dan saus satannya.

Baru-baru ini Mango Sticky Rice menjadi salah satu makanan penutup yang sedang digandrungi anak-anak muda ibu kota. Namun, masih jarang memang tempat yang menyediakan sajian Mango Sticky Rice.

Jangan khawatir Anda juga dengan mudah dapat membuatnya sendiri lho di rumah. Dilansir dari laman cookpad.com Selasa 22 Maret 2016 berikut resep Mango Sticky Rice makanan penutup ala Thailand yang sedang nge-hits.

Bahan-bahan:
- 300 grm beras ketan putih, cuci bersih
- 400 ml air
- 200 ml santan cair (130 ml santan instan + 70 ml air)
- 75 grm gula pasir
- 1 sdm vanili
- 1/2 sdm garam
- 1 bh mangga, kupas dan iris memanjang

Bahan Saus Santan:
- 100 ml santan
- 1 sdm gula pasir
- 1 sdm vanili
- 1/2 sdm garam

Cara membuatnya:

1. Siapkan panci berukuran sedang, masukkan air dan beras ketan masak dengan api sedang. Tambahkan gula, garam, vanili, aduk hingga tercampur rata.
2. Kemudian masukkan santan sambil diaduk-aduk hingga santan meresap dan ketan matang sempurna.
3. Masukan adonan ketan dalam kukusan yang sudah dipanaskan terlebih dahulu, kukus ketan selama 10-15 menit hingga matang.
4. Bahan saus: sambil menunggu ketan matang, siapkan kembali panci sedang masak santan beri gula, garam, dan vanili. Tambahkan juga daun pandan untuk mengharumkan, lalu aduk hingga kental.
5. Siapkan piring taruh ketan dan irisan mangga sesuai selera, lalu tuangkan secukupnya saus santan di atasnya. Selamat mencoba!

(aa/aa)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section