1. HOME
  2. LET'S COOK!
FOOD

Coba Bikin Donat Kentang Empuk ala Rumahan Yuk

Sajikan donat kentang buatan sendiri untuk teman ngemil keluarga di rumah.

By Azalia Amadea 2 Maret 2016 16:02
Ilustrasi donat kentang (Foto: cookpad.com)

Money.id - Donat merupakan makanan favorit segala kalangan, anak-anak, remaja maupun orang dewasa. Donat juga sangat mudah dikreasikan dengan berbagai topping seperti gula halus maupun meises warna-warni.

Si bulat dengan lubang di tengah ini ternyata ini mudah dibuat sendiri di rumah, hanya saja prosesnya cukup lama. Namun, proses lama tersebut hanya pada saat menguleni adonan donat.

Menguleni adonan sesuai waktunya dapat membuat donat mengembang sempurna saat digoreng. Melansir dalam laman cookpad.com Rabu 2 Maret 2016, berikut resep donat kentang empuk yang mudah ala rumahan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto: cookpad.com

Bahan-bahan:
- 400 gram kentang
- 500 gram tepung cakra
- 50 gram susu bubuk
- 100 gram gula pasir
- 11 gram ragi instan
- 4 butir kuning telur
- 100 ml air dingin
- 75 gram mentega
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuatnya:
1. Kukus kentang hingga empuk, kemudian haluskan dan dinginkan.
2. Dalam wadah terpisah, campurkan tepung terigu, susu bubuk, gula pasir, dan ragi instan, aduk hingga semua bahan tercampur rata. Masukkan kentang halus dan kuning telur, sambil diaduk masukkan air dingin sedikit demi sedikit hingga adonan setengah kalis.
3. Masukkan mentega dan garam. Aduk kembali hingga adonan menjadi kalis elastis (tidak lengket di wadah dan tangan). Diamkan adonan kurang lebih 20 menit, tutup dengan lap bersih dan lembap tunggu sampai adonana mengembang.
4. Setelah adonan mengembang, kempeskan adonan, bagi adonan sesuai selera (50 gram), bulatkan dan lubangi tengahnya. Diamkan kembali kurang lebih 15 menit tutup kembali dengan lap.
5. Setelah mengembang kembali, goreng adonan dengan minyak panas dan api sedang hingga kuning keemasan. Sajikan dengan topping sesuai selera. Selamat mencoba!

Tips: Ketika menggoreng, jangan terlalu sering membolak-balik donat agar dapat membentuk cincin secara sempurna. Cara tersebut juga dapat membuat tampilan donat menjadi mulus. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section