1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

6 Makanan yang Sering Salah Cara Mengolahnya

Berikut ini enam jenis masakan yang selama ini cara mengolahnya dianggap salah.

By Azalia Amadea 5 Oktober 2016 13:03
Steak (foodbeast.com)

Money.id - Selama ini Anda mungkin menganggap sudah cukup pintar dalam hal memasak. Namun Anda akan terkejut jika tahu mungkin ternyata cara mengolah masakan yang biasa dilakukan salah. Jangan khawatir Anda masih dapat memperbaikinya sebelum terlambat.

Melansir laman foodbeast.com, Rabu 5 Oktober 2016, berikut ini enam jenis masakan yang selama ini cara mengolahnya dianggap salah.

1. Terung

Untuk mendapatkan hasil memasak terung yang lembut dan lezat, Anda perlu merendam terung dalam air garam dan diamkan sebentar lalu tiriskan. Cara ini akan mengurangi kelembaban yang ada pada terong dan menghilangkan tekstur kenyal yang tak menggugah selera.

2. Pasta

Kesalahan terbesar memasak pasta adalah meniriskannya hingga terlalu kering. Padahal sisa air yang menempel pada pasta justru menjadi kunci utama sajian pasta terasa lebih nikmat. Jadi biarkan sisa air rebusan pasta bercampur dengan sausnya.

3. Steak

Hal pertama yang harus Anda ingat adalah ketika mengeluarkan daging dari dalam kulkas sebaiknya daging langsung di masak jangan dicairkan terlebih dahulu. Cara ini akan menjaga kelembaban dalam daging dan mencegah daging cepat gosong.

4. Telur orak-arik

Tidak perlu tambahan air atau susu dalam membuat scrambled egg atau telur orak-arik yang sempurna. Untuk hasil terbaik, pastikan memecah telur di permukaan teflon yang rata, bukan di pinggir penggorengan. Ini akan mencegah kuning telur pecah dan menjaga cangkang telur tidak jatuh ke dalam penggorengan.

5. Sayuran Beku

Saat akan memasak sayuran beku, sebaiknya tidak menggunakan microwave agar sayur tidak layu. Sebagai gantinya, gunakan pengukus. Memang sedikit lebih lama dari microwave tapi sayuran beku akan memiliki tekstur yang lembut dan terasa segar.

6. Kentang Tumbuk

Pilihan jenis kentang akan berpengaruh pada sajian kentang tumbuk atau mashed potatoes. Pilih kentang yang memiliki warna kulit kecoklatan. Kentang jenis ini lebih baik daripada kentang berwarna merah atau putih. Setelah dikupas rendam kentang dalam air dingin terlebih dahulu sebelum akhirnya kentang direbus. Ketika menumbuk kentang juga sebaiknya jangan terlalu keras agar sari patinya tidak hilang yang dapat membuat kentang terasa lembut seperti bubur. (dwq)

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section