1. HOME
  2. LET'S COOK!
KULINER

Catat, Ini Tips Memilih dan Menyimpan Ayam

Salah dalam melilih ayam dapat berdampak buruk bagi kesehatan, karena bisa saja ayam kita beli dalam kondisi tidak baik.

By Desy Afrianti 9 November 2015 15:56
Ayam mentah/Fixabay

Money.id - Ayam menjadi salah satu hidangan favorit, tak hanya di restoran tetapi juga sebagai menu keluarga. Selain karena harganya yang terjangkau, ayam juga mudah diolah menjadi berbagai aneka menu masakan.

Sebelum memasak ayam, ada baiknya Anda tahu cara memilih dan menyimpan ayam. Salah dalam melilih ayam dapat berdampak buruk bagi kesehatan, karena bisa saja ayam kita beli dalam kondisi tidak baik.

Dikutip dari Bango.co.id, berikut adalah tips memilih dan menyimpan ayam.

Cara memilih ayam

Ayam yang baik ditandai dengan warna daging putih kekuningan, tidak berlendir dagingnya dan baunya tidak amis.

Pilih ayam yang masih segar. Warnanya tidak pucat dan tidak lembek dagingnya ketika ditekan.
Pilihlah ayam yang tidak mengandung lemak banyak. Sebelum diolah, cuci bersih daging ayam dengan air dingin yang mengalir.

Cara menyimpan ayam

Ayam yang sudah dibersihkan, boleh disimpan di dalam wadah tertutup rapat dan taruh di freezer. Bisa juga disimpan sambil direndam bumbu supaya bisa langsung diolah ketika dibutuhkan. Di dalam freezer, ayam bisa bertahan hingga satu bulan.

Jika menyimpan ayam di dalam freezer, cairkan dengan cara memindahkannya ke dalam kulkas semalaman. Jangan rendam ayam di dalam air.

Simpan ayam di dalam wadah kedap udara atau plastik dan sesuaikan porsinya. Ayam yang dicairkan berulang kali akan kehilangan sebagian nutrisinya. (poy)

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Let's Cook! Section