1. HOME
    2. FOODILICIOUS
FOOD

Asal-usul Rendang, Masakan Ranah Minang yang Lezatnya Mendunia

Masing-masing daerah di Padang memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

By Desy Afrianti 11 Mei 2016 09:35
Ilustrasi rendang/Vemale

Money.id - Siapa yang tidak mengenal rendang? Masakan khas Padang, Sumatera Barat ini sangat populer, tak hanya di Indonesia tetapi juga Asia. Bahkan rendang dapat ditemukan di rumah makan Padang di seluruh dunia.

Seperti dikutip dari situs Badan Perpustakaan dan Kearsipan Pemprov Sumatera Barat, di daerah asalnya rendang disajikan dalam berbagai upacara adat dan perhelatan istimewa. Meskipun rendang merupakan masakan tradisional Minangkabau secara umum, namun masing-masing daerah di Padang memiliki teknik memasak dan penggunaan bumbu yang berbeda.

Pada tahun 2011, rendang dinobatkan sebagai hidangan peringkat pertama dalam daftar World's 50 Most Delicious Foods (50 Hidangan Terlezat Dunia) yang digelar oleh CNN International.

Selain bahan dasar daging, rendang menggunakan santan kelapa (karambia), dan campuran dari berbagai bumbu khas yang dihaluskan di antaranya cabai (lado), serai, lengkuas, kunyit, jahe, bawang putih, bawang merah dan aneka bumbu lainnya yang biasanya disebut sebagai pemasak.

Tetapi tahukah Anda bagaimana asal usul rendang? Berikut sejarah singkat masakan daging yang kaya akan bumbu rempah itu. Baca di halaman berikutnya.

 

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section