1. HOME
  2. FOODILICIOUS
FOOD

3 Bahan Makanan Lezat Pengganti Daging Dalam Soto

Bahan utama dalam sajian soto dapat Anda kreasikan dengan berbagai bahan utama lainnya.

By Azalia Amadea 20 Januari 2016 12:02
Ilustrasi sajian soto (Foto: royco.co.id)

Money.id - Terkadang mungkin Anda merasa bosan memakan soto hanya isi ayam atau daging sapi. Bisa jadi Anda juga selalu memasak soto dengan kedua bahan utama tersebut.

Padahal bahan utama dalam sajian soto dapat Anda kreasikan dengan berbagai bahan lainnya. Seperti kikil, tetelan, atau babat. Ketiga bahan tersebut tidak akan menghilangkan rasa gurih dan nikmat dalam sajian soto.

Dengan naiknya harga daging sapi belakangan ini, Anda mungkin berpikir dua kali sebelum menyiapkan hidangan ini untuk keluarga. Solusinya sederhana, gantikan saja daging sapi dalam resep soto dengan bahan lainnya.

Foto: royco.co.id

Dilansir dalam laman royco.co.id Rabu 20 Januari 2016, berikut tiga bahan makanan utama pengganti daging dalam sajian soto yang dapat menjadi referensi Anda.

1. Kikil

Kikil merupakan bagian kaki dari sapi. Agar kikil empuk dan tidak berbau saat dimasak, rebus selama 2-3 jam hingga lunak. Setelah itu, tiriskan kikil.

Tahap berikutnya adalah merebus kikil dengan berbagai bumbu seperti bawang putih, merica, ketumbar, garam, daun salam serta bumbu lain selama sekitar 1-2 jam agar baunya hilang.

Saat merebus kikil, jangan gunakan api besar yang akan membuat kikil mengeluarkan aroma tajam. Kikil yang telah empuk pun siap diolah untuk dibikin soto.

2. Tetelan

Tetelan merupakan sisa daging yang melekat pada tulang sapi. Bahan ini banyak digunakan sebagai tambahan dalam berbagai jenis soto daging di Indonesia.

Jika Anda bingung bahan ini juga dapat dibuat soto dengan bahan tetelan, kok. Sebelum diolah menjadi soto, rebus dulu tetelan selama beberapa saat bersama berbagai bumbu hingga empuk.

Selain digunakan dalam soto, tetelan juga bisa diolah dalam sajian sayur sop.

3. Babat

Kelezatan soto babat tak kalah dengan soto daging sapi. Yang perlu Anda lakukan hanyalah memastikan agar babat telah diolah hingga empuk.

Anda bisa memasaknya dengan panci tekan, atau merebusnya selama 2-3 jam. Setelah babat siap, masak bersama bumbu halus dari bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, dan ketumbar.

Tambahkan pula daun salam, daun jeruk, serta serai untuk menambah aroma sedap. Setelah itu, masak campuran babat dan bumbu tersebut dengan santan. Soto babat nikmat pun siap disajikan. (poy)

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Foodilicious Section