1. HOME
    2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Wajib Tahu 10 Hal Ini Sebelum Beli Rumah!

Anda sebaiknya juga melakukan survei di lingkungan tempat rumah itu berdiri.

By Stella Maris 1 Februari 2016 09:12
Ilustrasi membeli rumah (Barbara-king.com)

Money.id - Ada kebanggaan tersendiri, ketika seseorang berhasil membeli sebuah rumah impiannya. Meski tak sedikit pengorbanan harus dilalui dan terkadang membuat stres.

Dikutip laman Metro.co.uk, Senin 1 Februari 2016, ada yang harus Anda ketahui sebelum memutuskan membeli rumah impian. Apa saja?

1. Menabung
Ada beberapa orang yang berpikir setelah tahu harga rumah, kemudian mereka menabung. Namun ternyata langkah itu kurang tepat. Selain mengumpulkan uang demi memenuhi harga rumah yang tertera, Anda perlu menambahkan berbagai jenis biaya lainnya, mulai dari biaya surveyor, biaya notaris, dan sebagainya.

2. Gerak Cepat
Kondisi rumah bagus dan ditawarkan dengan harga sedikit miring, dipastikan bakal sangat cepat laku di pasaran. Jadi Anda harus gerak cepat untuk mengamankan rumah yang sudah menjadi incaran. Nah yang harus dilakukan, minimal memberikan uang muka yang bisa mengikat penjual agar tak menerima tawaran dari orang lain.

3. Hindari Perantara
Mungkin Anda tak akan pernah mendapatkan rumah impian bila melibatkan perantara. Pasalnya, mereka akan selalu berusaha mencari untung dari sisi pembeli dan penjual, yaitu dengan meminta bayaran.

4. Cek Rumah
Sebaiknya Anda memeriksa setiap sudut ruangan baik di dalam dan luar rumah yang akan dibeli. Hal ini dilakukan untuk menghindari kekecewaan di kemudian hari ketika rumah jadi dibeli.

5. Survei Lingkungan
Selain memeriksa rumah impian, Anda sebaiknya juga melakukan survei di lingkungan tempat rumah itu berdiri. Pastikan survei dililakukan di pagi, siang, sore, dan malam hari.

Ada baiknya bila Anda memperhatikan aktivitas masyarakat di sekitarnya. Apakah sering macet, banjir, bising ataukah tenang, terlalu sepi, atau jalannya gelap? Semua itu penting untuk diperhatikan.

Next: Jangan malu bertanya saat membeli rumah...

 

 

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section