1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Tips Jitu Melewati Hari Pertama Kerja

Saat baru pertama kali memasuki dunia kerja, perasaan akan campur aduk.

By Desy Afrianti 4 Januari 2016 11:45
Ilustrasi

Money.id - Tahun telah berganti. Kita memasuki 2016 dengan penuh suka cita dan harapan-harapan baru.

Ada sebagian orang yang memilih pindah tempat kerja di awal tahun. Atau ada juga yang baru memasuki dunia kerja di awal 2016 ini.

Saat baru pertama kali memasuki dunia kerja, perasaan akan campur aduk antara tidak sabar, gembira, bersemangat, sekaligus gugup.

Jangan khawatir, karena rasa itu selalu dialami semua orang, termasuk mereka yang kerap pindah ke pekerjaan baru.

Agar sukses melewati hari pertama kerja, bacalah tips berikut ini seperti dikutip dari bca.co.id

1. Tepat waktu

Anda tentu tidak mau telat masuk di hari pertama, bukan? Pastikan Anda sudah tahu benar jalur mana yang akan ditempuh, terutama bila menggunakan angkutan umum.

Di samping itu, Anda juga bisa berangkat lebih pagi untuk mencegah kemungkinan yang tidak menguntungkan.

2. Pakai baju terbaik

Kesan pertama itu perlu. Jadi tak ada salahnya bila Anda menggunakan baju terbaik yang Anda punya.

Pemakaian parfum pun bisa menjadi opsi yang baik untuk menambah kepercayaan diri saat bertemu dengan rekan-rekan kerja yang belum Anda kenal.

3. Lihat, dengar, dan perhatikan

Biasanya, tim HRD akan memperkenalkan karyawan baru ke seluruh elemen perusahaan, mulai dari kepada divisi yang Anda tempati hingga ke divisi-divisi lainnya.

Dalam kondisi seperti ini, ada baiknya Anda mendengarkan dan mengingat nama mereka serta informasi yang didapat. Bila perlu catatlah informasi tersebut.

4. Jaga perilaku

Kenali lingkungan kerja dengan baik dan kendalikan perilaku Anda. Secara sederhana, menjaga perilaku bisa diistilahkan juga dengan menjaga etika.

”Jaim” di minggu pertama pun boleh, karena karakter Anda akan keluar dengan sendirinya seiring berjalannya waktu tanpa harus dibuat-buat.

5. Senyum

Berikan senyuman, baik saat berpapasan, saat memperkenalkan diri, menanyakan tugas atau kebetulan makan siang bersama.

Hal ini bisa mencairkan suasana tegang dalam diri dan Anda akan dikenal sebagai seseorang yang sopan dan ramah.

Selain tips di atas, kerjakan selalu tugas yang diarahkan atasan Anda dengan baik. Bagaimana? Mudah dilakukan, kan?

Bila Anda masih mencari lowongan pekerjaan, carilah karier yang memang Anda cita-citakan dan menjamin masa depan, salah satunya karier di bidang perbankan.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section