Marketing atau pemasaran sangat mempengaruhi kesuksesan sebuah usaha.
By Dwifantya Aquina 6 September 2016 15:35Money.id - Di era moderen, marketing yang tepat bisa sangat menentukan keberhasilan sebuah bisnis. Tak heran banyak perusahaan skala besar rela mengalokasikan dana untuk pemasaran besar-besaran.
Sayangnya, upaya serupa tidak dapat dilakukan bisnis skala kecil dan menengah karena alasan keterbatasan bujet. Nah, untuk membantu kamu pebisnis skala kecil menengah, berikut ini sejumlah trik marketing yang cocok untuk bujet mini seperti dikutip dari CekAja.com:
Jadi socmed savy
Ekspansi internet di Indonesia sudah sangat tinggi. Dari siswa sd hingga orang tua memiliki akses internet yang ada pada telepon genggamnya. Dan, hampir semua pengguna internet adalah pengguna sosial media.
Hal ini adalah kesempatan emas karena pasar sebenarnya sudah terlihat. Buat akun sosial media untuk bisnismu baik di Facebook, Twitter, LinkedIn hingga Instagram.
Buat kontes online
Masih dalam rangka memanfaatkan internet, kamu bisa membuat semacam kontes online. Hanya dengan modal sedikit, kamu bisa memancing partisipasi yang tinggi. Tidak perlu keluar biaya mahal untuk hadianya. Sebuah tas keren atau voucher belanja di supermarket sudah cukup untuk menarik minat pengguna internet.
Ikuti bisnis award
Masing-masing bisnis punya award yang bisa diikuti. Daftarkan usahamu pada award bisnis skala UKM. Jika berhasil masuk dalam seleksi apalagi sampai menang, akan membuat nama usahamu dipercaya oleh pasar.
Belum lagi jika award yang diikuti digelar oleh bank yang bekerjasama dengan media massa seperti radio, koran, media online atau televisi. Hal ini tidak beda halnya dengan iklan gratis pada media-media tersebut.
Sponsori acara
Trik ini bisa kamu lakukan pada acara yang menyedot perhatian banyak orang. Misalnya seperti lomba olahraga antar sekolah, perlombaan musik tingkat lokal atau seminar di sebuah kampus. Hanya dengan modal kecil untuk memberi hadiah, kamu bisa memasang banner, poster yang mengiklankan produk bisnismu.
Dekati media massa
Wartawan membutuhkan berita untuk ditulis dan kamu membutuhkan media untuk publikasi. Dekati sejumlah media baik itu online ataupun cetak, radio maupun televisi. Caranya bisa datangi langsung pada kantor media yang bersangkutan atau mengirim rilis mengenai profil bisnismu.
Siapa tahu, model bisnis yang kamu kembangkan menarik di mata wartawan. Jika baru mulai, jangan terlalu berharap bisnismu langsung dipublikasi. Tapi manfaatkan kesempatan ini untuk membangun relasi.
Intip Kado Istimewa Rafathar dari Kuda Poni Hingga Taman Bermain
Agar Dompet Tak Makin 'Tipis', Lakukan Penghematan dengan Cara Ini
Pemerintah Angkat Bicara Soal Rokok Naik Jadi Rp50 Ribu per Bungkus
Deretan Manfaat Fintech bagi Industri Asuransi
5 September 2016 16:40Ikut Asuransi Ini, Nasabah Dapat Klaim Rp2,04 Miliar
5 September 2016 14:31BUMN di Bidang Kontruksi Ini Buka Lowongan Kerja untuk 2 Posisi
1 September 2016 17:36