1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Selain Emas, Ternyata Berlian Dapat Dijadikan Alat Investasi

Namun, Anda harus berhati-hati dalam memilih tempat membeli berlian untuk investasi Anda.

By Nur Chandra Laksana 8 Mei 2016 14:35
Berlian Biru (chriesties.com)

Money.id - Banyak hal dilakukan oleh orang untuk menginvestikasikan uang mereka. Salah satunya adalah dengan bermain reksa dana maupun membeli barang-barang yang memiliki nilai yang terus bertambah, salah satunya adalah emas.

Namun ternyata, ada satu benda lagi yang ternyata bisa dijadikan alat investasi, yakni berlian. Dilansir dari laman FemaleFirst, batu mulia ini juga memiliki nilai investasi yang tidak kalah dengan emas.

Namun tentu saja nilai sebuah berlian tergantung pada beberapa faktor sehingga bisa disebut menguntungkan. Investasi berlian seperti kita mengoleksi barang antik atau benda seni, semakin langka berlian, semakin mahal harganya.

Namun bagaimana mendapatkan berlian yang langka jika kita tidak terlalu tahu seluk-beluk dunia berlian? Berikut ini beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk mendapatkan berlian langka lagi bernilai tinggi.

Langkah pertama adalah mendapat sumber yang dapat dipercaya. Faktanya, mencari ahli berlian atau perusahaan berlian yang baik dan jujur sangat sulit.

Karena reputasinya, mereka sangat jarang sekali mengiklankan diri. Justru kolektor berlian yang mencari mereka untuk dimintai bantuan.

Oleh karena itu, Anda harus menghindari ahli atau perusahaan berlian yang menawarkan berlian seharga tertentu, dengan embel-embel kata 'investasi' terpampang di situs mereka. Namun jika bertemu dengan ahli atau perusahaan berlian yang bisa dipercaya, Anda tidak akan langsung ditunjukkan barangnya sebelum mereka tahu siapa calon kliennya.

Mereka akan berusaha mencari tahu informasi tentang Anda dan latar belakang Anda sebelum mengizinkan Anda mendekati batu bernilai tinggi tersebut.

Selanjutnya adalah mempertimbangkan merek berlian yang akan dibeli. Setelah menemukan sumber yang bisa dipercaya, saatnya untuk mempertimbangkan berlian mana yang akan dibeli.

Membeli berlian dalam bentuk perhiasan sebaiknya mempertimbangkan merek-merek yang sudah mendunia. Mahal memang, tapi Anda akan memiliki investasi yang bernilai sangat tinggi jika dijual kembali.

Merek berlian seperti Cartier atau Graff akan menambah nilai tambah berlian yang Anda beli. Jika memilih membeli dari merek yang kurang terkenal, kualitas berlian yang dibeli menjadi hal yang harus benar-benar diperhatikan.

Membeli berlian membutuhkan kesabaran dan harus jeli, karena itu butuh beberapa tips untuk mendapatkannya. Nilai berlian ditentukan oleh kelangkaannya. Selain itu, semakin besar ukuran karat berlian, maka semakin mahal pula harganya, yang kadang terlihat tidak masuk akal jika dibandingkan dengan emas.

Contohnya, sebuah berlian dua karat harganya sekitar Rp482 juta, tapi berlian empat karat bisa mencapai sekitar Rp3 miliar. Alasan sederhana dari meroketnya harga tersebut adalah karena sangat sedikitnya jumlah berlian empat karat yang memiliki kualitas baik dibandingkan yang dua karat.

Lalu bagaimana sebuah berlian dikatakan bagus? Itu tergantung dari penilaian para ahli. Semuanya tergantung pada popularitas dan kelangkaan, bentuk simetri, kualitas potongan dan warna.

Namun cara mudah menilai sebuah berlian bagus atau tidak adalah seberapa indah batu itu terlihat jika kena cahaya, bukan hanya di dalamnya, tapi di luarnya juga.

Untuk berlian berwarna, benar-benar perhatikan pada meratanya warna dan intensitasnya. Sebuah berlian kuning harus intens warna kuningnya, tidak boleh ada warna lainnya, meski itu menyerupai kuning seperti warna jerami.

Sertifikat tidak menjamin batu berlian bagus. Itu hanyalah kertas resmi untuk menyebutkan fitur dari berlian.

Terakhir, jika Anda bukan seorang ahli berlian -jangan sekali-kali mengaku-aku! Anda sama saja menempatkan diri dalam posisi rugi. Sebab, saat Anda mendapatkan batu berlian berkualitas rendah namun harganya mahal. Belum lagi, ketika menjualnya lagi, harganya lebih rendah dari saat membeli.

Meski Anda mendebat toko berlian, Anda pasti kalah karena mereka punya tenaga ahli sendiri untuk menilai sebuah berlian.

Jadi, jika akan membeli berlian, selalu libatkan seorang ahli berlian atau perusahaan berlian yang kredibel. Dengan cara itu Anda akan membeli batu berkualitas, dengan harga yang wajar. Dan itu bukan hanya akan terlihat indah, juga akan menjadi investasi yang menguntungkan.

 

Baca Juga :

 

(ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section