1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Tahukah Anda, Begini Sejarah dan Cikal Bakal Mesin ATM di Dunia

ATM pertama kali digunakan pada 2 September 1969.

By Abdul Kharis 26 April 2016 12:44
ATM (Dwi Narmoko/Money.id)

Money.id - ATM (Automated Teller Machine) atau populer di Indonesia dengan sebutan Anjungan Tunai Mandiri adalah mesin yang digunakan untuk membantu proses transaksi keuangan secara cepat, praktis dan terintegrasi. Faktanya, ATM memegang peran penting dalam perekonomian dunia.

Mengutip dari atlantic.com, Selasa, 26 April 2016, pengguna ATM bisa melakukan transaksi keuangan hampir di seluruh dunia, baik mengirim atau menarik uang dan melakukan pembayaran tagihan secara online tanpa harus mengantre di bank.

ATM pertama kali digunakan pada 2 September 1969 di Rockville Centre, New York. Mulai digunakan Indonesia pada 1986 oleh dua bank yakni Hong Kong Bank dan Bank Niaga.

Awalnya ATM hanya menggunakan giro dengan jumlah transaksi yang terbatas. Namun, seiring perkembangan waktu, sejumlah bank di Indonesia mulai mengikuti jejak Hong Kong Bank dan Bank Niaga. Pada dekade 90-an pengunaan ATM mulai menjadi tren perbankan.

Tak sampai di situ, ATM kian menjelma menjadi penopang transaksi bank setelah memasuki dekade milenium dengan hadirnya interkoneksi ATM antar bank. Saat ini, nasabah yang berbeda bank bisa melakukan transaksi keuangan hanya dengan melalui mesin ATM milik bank manapun.

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section