1. HOME
  2. FINANCE
JOKOWI

Sambangi Obama di Gedung Putih, Jokowi Bawa 4 Tawaran

"Indonesia adalah negeri besar maka kita berharap bahwa pertemuan ini membawa manfaat bagi kedua pihak dan dunia"

By Syahid 26 Oktober 2015 12:03
Presiden Joko Widodo saat tiba di Amerika Serikat (Facebook)

Money.id - Dream - Presiden Amerika Serikat (AS) Barack Obama dipastikan bakal menerima Presiden Indonesia Joko Widodo di ruang Oval, Gedung Putih, Washington DC. Dalam pertemuan itu, Jokowi akan membawa empat agenda.

"Indonesia adalah negeri besar maka kita berharap bahwa pertemuan ini membawa manfaat bagi kedua pihak dan dunia," ujar Menteri Luar Negeri (Menlu), Retno LP Marsudi dalam keterangannya di Blair House, Washington DC, seperti dikutip Setkab, Senin, 28 Oktober 2015.

Agenda pertama yang akan dibawa Jokowi adalah Indonesia sebagai negara Muslim terbesar di dunia tapi pada saat yang sama Indonesia menjadi negara demokrasi terbesar di dunia yang toleran, pluralis, dan sebagainya yang tidak dimiliki negara lain.

Kedua, ungkap Retno, Indonesia siap meningkatkan kerja sama ekonomi dengan AS dan dunia. Terlebih Indonesia selama ini menganut ekonomi terbuka.

“Dengan ekonomi yang terbuka, menjadikan Indonesia lebih mudah bekerja sama dengan ekonomi negara manapun apalagi didukung dengan paket kebijakan yang akan sangat membantu Indonesia menyampaikan kepada dunia bahwa ekonomi Indonesia adalah ekonomi terbuka,” terang Menlu Retno Marsudi.

Dalam kunjungannya kali ini, Jokowi juga akan menawarkan posisi Indonesia yang menjadi pasar digital terbesar di Asia Tenggara yang mencapai US$ 12 miliar dollar pada 2014.

“Angka itu sangat berarti (kenaikannya) dibandingkan dengan pada 2013 yang sebesar 8 miliar dolar AS,” ujarnya.

Terakhir, Presiden Jokowi dan Presiden Obama juga akan membahas mengenai isu perubahan iklim mengingat kedua negara merupakan pemimpin negara besar. (Ltf)

(s/s)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section