1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Rupiah Terus Terdongkrak Pelemahan Dolar AS

IMF kembali memangkas outlook pertumbuhan ekonomi global untuk 2017 menjadi 3,5 persen.

By Rohimat Nurbaya 13 April 2016 10:14
Uang Rupiah (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dibuka menguat pada perdagangan Rabu, 13 April 2016. Berdasarkan data Dollar Bloomberg Index, pada perdagangan hari ini rupiah dibuka menguat 0,16 persen atau 21 poin ke level Rp13.094 per dolar AS. 

Sementara itu pada perdagangan kemarin, Selasa 12 April 2016, rupiah ditutup menguat 0,14 persen atau 19 poin ke level Rp13.115 per dolar AS.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan, laju rupiah masih melanjutkan pergerakan positif seiring sentimen yang sama di mana masih adanya imbas dari melemahnya laju dolar AS.

Selain itu, penguatan yen juga turut membuat dolar AS melemah. Kata dia, tampaknya keinginan pemerintah Jepang untuk melakukan intervensi terhadap yen tidak mengurangi lajunya yang tetap menguat.

Selain itu, International Monetary Fund (IMF) atau Lembaga Dana Moneter Internasional kembali memangkas outlook pertumbuhan ekonomi global untuk 2017 menjadi 3,5 persen menyusul pelambatan ekonomi China serta lemahnya harga minyak di negara berkembang seperti Brazil.

Angka perkiraan tersebut lebih rendah 0,1 persen dibandingkan dengan pada Januari. IMF juga memperkirakan pertumbuhan global tahun ini akan berada di angka 3,2 persen, turun dari perkiraan 3,4 persen pada Januari. (poy)

(rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section