1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KERJA

Ritual Unik yang Dilakukan Orang Sukses di Pagi Hari (2)

Rutinitas itu mendukung penuh profesi yang mereka jalankan hingga menjadi sukses.

By Arry Anggadha 5 November 2015 07:48
Ilustrasi Ritual Bangun Pagi (Foto: alhikmahdua)

Money.id - Money.id - Banyak ritual yang dilakukan orang sukses di pagi hari. Kegiatan ini pun menjadi rutinitas mereka tanpa menggangu aktivitasnya sehari-hari.

Bahkan, rutinitas itu mendukung penuh profesi yang mereka jalankan. Meski mereka tidak melakukan langkah-langkah ini setiap hari, setidaknya masing-masing aktivitas ini akan lebih efektif jika digunakan untuk memulai hari.

Dilansir dari Businessinsider, berikut rutinitas yang biasa dilakukan orang sukses di pagi hari:

8. Merapikan tempat tidur
Kebiasaan satu menit ini bisa membuat Anda lebih bahagia dan lebih produktif sepanjang hari. Dalam bukunya, "The Power of Habit," Charles Duhigg menulis, memiliki kebiasaan merapikan tempat tidur setiap pagi berkorelasi dengan peningkatan produktivitas.


Merapikan tempat tidur tidak selalu berarti Anda punya lebih banyak pekerjaan untuk dilakukan di tempat kerja, tetapi itu adalah "kebiasaan kunci" yang bisa memicu "reaksi berantai yang memaksa Anda melakukan kebiasaan baik lainnya."

9. Membangun jaringan daripada minum kopi
Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk bertemu dengan orang-orang ketika minum kopi atau sarapan. Plus, sarapan sambil membangun jaringan tidak terlalu mengganggu daripada jika dilakukan saat makan siang. Malah bisa lebih berorientasi pada kerja daripada pesta koktail, Vanderkam mencatat.

10. Bermeditasi menenangkan pikiran
Manisha Thakor, penasihat keuangan dan mantan eksekutif perusahaan, berlatih meditasi transendental untuk menjernihkan pikirannya. Dia melakukan dua sesi 20 menit sehari, pertama sebelum sarapan dan yang kedua di malam hari.

Dia berfokus pada pernapasan dan mengulangi mantra di kepalanya. Dia mengatakan meditasi menjadi "salah satu kegiatan yang bisa menguatkan kehidupan" yang pernah dia alami.

11. Menulis apa yang mereka syukuri
Mengungkapkan rasa syukur adalah cara lain untuk memusatkan diri dan memiliki perspektif hidup yang tepat sebelum menuju ke kantor. Menuliskan nama orang, tempat, dan kesempatan yang Anda syukuri akan menyebabkan perbedaan nyata dalam pandangan hidup.

12. Membuat rencana dan strategi selagi fresh
Membuat rencana satu hari, minggu, atau bulan sebelumnya adalah alat manajemen waktu yang penting untuk menjaga Anda tetap di jalur yang tepat. Orang sukses menggunakan pagi hari untuk membuat gambaran besar tentang prioritas dan target pada hari itu.

13. Selalu memeriksa surel
Di satu sisi banyak yang menyarankan untuk mematikan surat elektronik saat tidak bekerja. Namun orang sukses memulai hari mereka dengan memeriksa inbox di email mereka. Satu survei terbaru menemukan bahwa hal pertama yang sebagian besar eksekutif lakukan di pagi hari adalah memeriksa email mereka. Mereka dengan cepat dapat memindai inbox mereka untuk pesan mendesak yang perlu tanggapan langsung.


14. Membaca berita
Apakah itu duduk di sudut restoran dan membaca koran atau memeriksa blog dan Twitter dari ponsel mereka, orang-orang sukses memiliki ritual pra-sarapan untuk mendapatkan berita terbaru. CEO General Electric Jeff Immelt memulai hari-harinya dengan cardio dan kemudian membaca koran dan menonton CNBC.

Sementara itu, CEO Virgin America David Cush menggunakan pagi hari untuk mendengarkan radio olahraga dan membaca koran sambil bersepeda di gym.

Suka Informasi Ini? Klik Like Ini

Baca Juga

(aa/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section