1. HOME
  2. FINANCE
KURS RUPIAH

Penguatan Rupiah Sempat Terlibas Laju Positif Yen Jepang

Kemarin rupiah ditutup melemah 0,12 persen. Perdagangan hari ini rupiah dibuka menguat 0,39 persen. Pukul 10.21 WIB rupiah di level Rp13.238

By Rohimat Nurbaya 7 April 2016 10:41
Uang Rupiah (Money.id/Dwi Narwoko)

Money.id - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat menguat pada perdagangan, Kamis 7 April 2016. Berdasarkan Bloomberg Dollar Index, pada perdagangan hari ini rupiah naik 51 poin atau 0,39 persen ke level Rp13.187 per dolar AS.

Pada perdagangan pukul 10.21 WIB rupiah masih menguat 0,33 persen atau 44 poin dari level pembukaan. Kemarin rupiah ditutup melemah 16 poin atau 0,12 persen ke Rp13.238 per dolar AS.

Analis NH Korindo Securities Indonesia, Reza Priyambada mengatakan pelemahan rupiah kemarin dibarengi dengan masih melemahnya laju dolar AS. Begitu juga dengan laju harga komoditas, terutama harga minyak mentah yang juga masih mengalami pelemahan.

"Pergerakan anomali ini pun terjadi setelah pelaku pasar lebih merespon positif kenaikan Yen yang masih terjadi hingga kini sehingga lebih memilih mentransaksikan Yen dibandingkan mata uang lainnya," ucap Reza.

Meski demikian, menurut Reza laju rupiah diperkirakan masih dapat melanjutkan kenaikannnya seiring masih melemahnya laju dolar AS. Ekspektasi akan perbaikan dalam negeri dapat mempertahankan laju Rupiah di zona hijaunya. Support Rupiah 13.160 serta Resisten 13.135.

"Laju Rupiah gagal memenuhi harapan kami untuk dapat mengalami kenaikan lanjutan setelah terlibas pergerakan positif dari laju Yen," tutur Reza.

Apalagi menurut Reza, laju penguatan rupiah telah terjadi dalam beberapa hari terakhir sehingga akan dimanfaatkan dan dibarengi dengan aksi lepas barang.

Baca Juga

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section