1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS PROPERTI

Nih Kondominium Paling Mahal di New York

Kondominium One57 menambah deret gedung pencakar langit di tengah kota Manhattan.

By Ita Malau 7 November 2015 16:19
interior salah satu kondominium yang ditawarkan One57 (One57)

Money.id - Saat ini, telah berdiri sebuah bangunan kondominium terbaru dan paling mahal dan tertinggi di New York City. Bersebelahan dengan kondominium 15 Central Park West, bangunan baru itu bernama One57.

Dikutip dari Businessinsider.co.id, One57 menambah deret gedung pencakar langit di tengah kota Manhattan. Bangunan kondominium 73 tingkat tersebut telah dinobatkan sebagai bangunan paling mahal terbaru di Manhattan pada tahun 2015, menurut laporan CityRealty.

Harga rata-rata kondominium di sini adalah US$6.010 atau sekitar Rp82 juta per kaki persegi. Sebelumnya, rekor paling mahal dipegang 15 Central Park West yang mematok harga US$5.726 atau sekitar Rp78 jutaan per kaki persegi (2014).

Tidak mengherankan, One57 mampu memecahkan rekor. Bangunan tersebut terletak di sepanjang 57th Street yang dikenal sebagai Barisan Miliarder (Billionaire’s Row). Dan selama keberadaannya, Billionaire’s Row menjadi magnet bagi jutawan dan miliarder asing yang mencoba untuk masuk real estate New York yang tengah booming.

Meskipun identitas sebagian besar pembeli unit di One57 dijaga kerahasiaannya oleh perusahaan pengembangnya, New York Times berhasil mengendus dua pembeli miliarder, yaitu Lawrence S Stroll dari Kanada dan Silas KF Chou dari Hong Kong.

Seorang pembeli bernama Doijang Li, yang kemungkinan dari China, membeli sebuah ruang seharga US$30 juta tahun ini, menurut Real Deal. Sementara itu pejabat eksekutif maskapai China Guoqing Chen membayar US$ 47,4 juta untuk ruang lain di One57.

Warga China lainnya, Tao Liu, menghabiskan US$3,56 juta untuk sebuah apartemen di One57 pada 2012, tapi kemudian menjualnya pada 2014 untuk mendapat keuntungan.

Petinggi hedge fund, Bill Ackman juga diidentifikasi oleh The Wall Street Journal sebagai pembeli salah satu ruang di One57 dengan menyetor US$90 juta. Ini adalah salah satu pembelian apartemen paling mahal di New York.

Pembelian apartemen paling mahal di New York dalam sejarah juga terjadi di One57. Ketika seorang pembeli misterius menggelontorkan US$100,47 juta untuk membeli lantai paling atas One57, awal tahun ini.

(im/im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section