1. HOME
    2. FINANCE
FINANCE

Ini Dia 5 Fitur M-Banking di Indonesia

Mobile banking disingkat m-banking diluncurkan pertama kali oleh Excelcom pada akhir 1995.

By Abdul Kharis 17 Mei 2016 13:20
Ilustrasi mobile banking (pymnts.com)

Money.id - Di zaman yang semakin modern ini, orang semakin mudah melakukan transaksi perbankan. Hanya melalui gadget, transaksi keuangan bisa dilakukan hanya lewat jari Anda. Sudah banyak fitur mobile banking yang dikeluarkan oleh bank-bank di Indonesia.

Mengutip dari berbagai sumber, Selasa, 17 Maret 2016, mobile banking disingkat m-banking diluncurkan pertama kali oleh Excelcom pada akhir 1995. Latar belakang kemunculan m-banking ini juga disebabkan oleh bank-bank pada masa itu yang ingin melakukan pemanfaatan teknologi.

Keuntungan yang diperoleh melaui m-banking seperti dapat mengetahui informasi saldo hanya melalui handphone di tangan Anda, juga dapat mentransfer dana baik sesama bank maupun antar bank.

Dan Anda juga dapat mengisi pulsa melalui gadget. Selain itu dapat melakukan pembayaran untuk tagihan PLN, Telkom, kartu kredit, dan beberapa pembayaran lainnya.

Berbagai teknologi menyediakan terobosan-terobosan baru yang dapat digunakan oleh bank dalam usahanya untuk selalu meningkatkan kualitas layanan yang ada. Sehingga dari situlah bank-bank yang ada di seluruh dunia membuat suatu inovasi baru dengan meluncurkan m-banking.

Hal ini pun terjadi di Indonesia, baik bank pemerintah maupun swasta nasional berlomba-lomba untuk meluncurkan teknologi m-banking. Bank Central Asia (BCA) misalnya, sebagai salah satu bank swasta nasional terbesar di Indonesia dengan skala jaringan elektronik yang tersebar luas.

BCA merupakan bank pertama yang meluncurkan sistem m-banking pertama di Indonesia dibandingkan bank-bank lainnya yang biasa disebut juga dengan m-BCA.

Dari waktu ke waktu, makin banyak bank yang menyediakan layanan atau jasa internet banking yang diatur melalui Peraturan Bank Indonesia No. 9/15/PBI/2007 tentang penerapan manajemen risiko dalam penggunaan teknologi informasi oleh bank umum.

Bersambung ke halaman berikutnya

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section