1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Menyiapkan Dana Pernikahan dengan Gaji Rp3 Juta Per Bulan

Para lajang yang sudah mempunyai keinginan untuk menikah, tetapi hanya memiliki penghasilan kecil tak perlu berkecil hati.

By Abdul Kharis 3 Februari 2016 09:02
Ilustrasi pernikahan/Pixabay

Money.id - Para lajang yang sudah mempunyai keinginan untuk menikah, tetapi hanya memiliki penghasilan kecil tak perlu berkecil hati.

Tidak usah pusing memikirkan biaya pernikahan dari gaji yang hanya Rp3 juta per bulan.

Perencana keuangan Fredy Piellor mengatakan yang penting adalah siapkan diri Anda untuk menyisihkan sebagian gaji untuk biaya pernikahan.

Misalnya Anda mempunyai gaji Rp3 juta, bisa disisihkan Rp1 juta karena belum memiliki kebutuhan tambahan seperti anak dan istri.

"Selanjutnya, para lajang harus melihat dana yang telah dikumpulkan. Kalau kita menyisihkan Rp1 juta per bulan, maka akan jadi Rp11 juta dalam setahun. Maka dari itu harus diperhitungkan kapan acara pernikahan dilakukan," ucap Fredy kepada Money.id, Selasa 2 Februari 2016.

Jangan pernah memaksakan diri, apalagi sampai pinjam uang untuk menggelar acara pernikahan.

Fredy menjelaskan, sebelum memikirkan akan melangsungkan resepsi pernikahan, para lajang harus mengetahui konsep-konsep dasar pernikahan.

"Konsep awal mula terjadi pernikahan. Perayaan syukur menyatunya dua insan yang akan hidup bersama adalah konsep awal pernikahan," ucap Fredy.

Menurut dia, konsep pernikahan selanjutnya adalah momen pemberitahuan kepada khalayak ramai tentang sepasang kekasih melepas masa lajangnya.

Kedua konsep dasar inilah tujuan pernikahan sebenarnya. "Pernikahan bukanlah ujung pertunjukan atau pamer kemampuan kita kepada khalayak ramai," ujarnya. (poy)

(da/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section