1. HOME
  2. FINANCE
INDUSTRI RUMAHAN

Menggali Bisnis Kaligrafi Beromzet Ratusan Juta Rupiah

Biaya pembuatan kaligrafi tergantung bentuk dan kesulitan mulai dari Rp100 ribu untuk termurah hingga termahal Rp70 juta.

By Rohimat Nurbaya 30 September 2015 16:02
kaligrafi di Masjid Sultan Ahmed Istanbul, Turki (Foto: Wordpress)

Money.id - Kaligrafi termasuk bisnis menggiurkan. Keuntungan yang dihasilkan bisa sampai miliaran rupiah. Seni menulis indah tersebut banyak ditemukan di masjid sebagai hiasan dinding atau langit-langit.

Membuat kaligrafi bukan perkara mudah. Butuh keahlian khusus bidang memahat dan melukis. Pembuat seni tulis ini juga harus lihai memasang di dinding. Tak heran, jasa pembuatan hiasan kaligrafi tidak murah.

Tulisan dan pahatan kaligrafi di masjid menekankan keindahan bentuk huruf yang kaitannya dengan kebudayaan Islam.

Perajin kaligrafi di Indonesia tersebar di beberapa kota, paling banyak di Pati dan Semarang. Tapi perajin juga mulai menjamur Bandung dan Jakarta juga sudah menjamur.

Biaya Pembuatan

Biaya pembuatan kaligrafi beragam, tergantung bentuk dan kesulitan. Misalnya pembuatan ornamen kaligrafi di kubah masjid harganya mulai dari Rp100 ribu hingga Rp70 juta.

Dari hasil tersebut, pengusaha kaligrafi bisa meraup untung sekitar Rp300 juta-Rp400 juta per bulan.

Selain digunakan untuk ornamen masjid, jelang hari raya Idul Fitri, umat muslim di Indonesia biasanya menata rumah dengan kaligrafi sebab pada momen itu banyak keluarga dan tetangga datang.

Kaligrafi untuk hiasan rumah biasanya menggunakan kanvas, papan kayu dan kuningan. Harganya mulai dari Rp500 ribu hingga Rp5 juta.

Harga tersebut ditentukan dari tingkat kesulitan desain, ukuran, dan media yang digunakan.

(Berbagai Sumber)

(rn/rn)

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section