1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Mau Bahagia Saat Menabung? Ini Strateginya

Ada 4 strategi agar bahagia saat menabung, yaitu..

By Abdul Kharis 13 April 2016 16:40
Ilustrasi orang yang berbahagia saat menabung (blog.credit.com)

Money.id - Kita mempunyai banyak impian dan keinginan, tetapi harus menabung untuk mewujudkannya. Bagaimana agar kita bahagia saat menyimpan uang? Jawabannya adalah menikmati prosesnya dan menyiapkan strategi.

Melansir dari dailyfinance.com, Rabu, 13 April 2016, ada empat strategi yang bisa digunakan untuk membantu menikmati saat Anda menabung.

1. Kurangi uang dari pikiran Anda

Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu memikirkan uang, hal ini mengurangi kemampuan Anda untuk menikmati uang tersebut.

Ketika Anda memiliki impian besar, akan sulit untuk mengalihkan pikiran dari uang. Mengatasinya dengan membuat rencana dan anggaran untuk menetapkan prioritas serta tujuan.

Dengan melakukan hal tersebut, Anda akan mengurangi waktu untuk memikirkan uang dan tujuan Anda. Dampaknya, Anda akan menikmati proses menabung.

2. Pertimbangkan saat melakukan pengeluaran uang

Lihatlah pengeluaran keuangan untuk mempertimbangkan pembelian yang lebih berguna dan berkualitas. Misalnya, saat Anda berlangganan koran setiap bulan dan jarang membacanya, lebih baik uang dipakai untuk hal yang berguna dan dapat membuat bahagia, seperti berwisata.

Hal ini akan membuat Anda lebih tenang dan bahagia saat menabung, karena tidak menghabiskan uang yang seharusnya bisa ditabung.

3. Fokus pada apa yang sudah Anda miliki

Janganlah menabung hanya untuk perasaan menggebu sementara, tetapi lebih fokus pada yang telah dimiliki. Saat Anda menabung untuk hal yang diinginkan tanpa melihat yang telah dimiliki akan membuat tidak tenang saat menabung.

Dengan fokus pada apa yang dimiliki, akan membuat Anda menikmati dan akan bahagia saat menabung.

4. Hidup sederhana

Tahukah Anda bahwa hidup sederhana dapat membuat bahagia saat menabung? Hal ini benar sekali, karena saat hidup sederhana, pengeluaran uang akan berkurang dan mendorong Anda untuk menabung. (poy)

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section