1. HOME
  2. FINANCE
MONEY TUESDAY

Lukisan Hewan-hewan Pembawa Keberuntungan

Sekilas, lukisan tersebut tampak biasa saja seperti gambar hewan pada umumnya.

By Azalia Amadea 1 Desember 2015 16:35
Lukisan ikan koi/Azalia Amadea-Money.id

Money.id - Lukisan merupakan sebuah karya seni yang dipercaya sebagian orang memiliki arti khusus. Ada juga yang menganggap bahwa lukisan bisa membawa keberuntungan, terutama untuk orang-orang berdarah Tiong Hoa.

"Lukisan yang dipercaya sebagai pembawa keberuntungan atau hoki adalah lukisan ikan koi dan kuda berlari di atas air," kata Andi, pemilik 'Mampang Frame' yang ditemui Money.id di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Selasa 1 Desember 2015.

Sekilas, lukisan tersebut tampak biasa saja seperti gambar hewan pada umumnya. Namun menurut kepercayaan orang China, lukisan-lukisan tersebut memiliki arti.

Mereka yang memiliki usaha atau berbisnis, memanggap memajang lukisan sebagai penyerap keberuntungan.

Lukisan ikan koi

Lukisan ikan koi memiliki banyak arti. Ikan koi dalam gambar haruslah berjumlah sembilan ekor. "Ikan koi dipercaya sebagai ikan dewa, sedangkan jumlah ikan tersebut haruslah sembilan ekor. Angka sembilan atau dalam istilah China disebut 'kao' dipercayai sebagai angka tertinggi atau angka keberuntungan," kata Andi yang merupakan keturunan Tiong Hoa itu.

Sedangkan unsur lain yang melambangkan keberuntungan yaitu sisik dari ikan koi yang harus digambar dengan tinta emas. Warna emas melambangkan kemakmuran.

Dalam lukisan tersebut juga terdapat gambar bunga teratai yang dipercayai sebagai tempat berpijaknya Dewi Kwan Im sebagai dewi pemberi keberuntungan.

Mampang Frame yang terletak di Jalan Mampang Prapatan no 18 tersebut memiliki banyak koleksi lukisan. Dari lukisan yang dibanderol dengan harga ratusan ribu rupiah hingga jutaan rupiah.

Khusus lukisan ikan koi ada yang dibuat secara spesial dengan material khusus seperti cat minyak dengan kualitas terbaik, serta bentuk anatomi tubuh ikan yang hampir mirip dengan bentuk ikan aslinya. Sehingga lukisan tersebut terlihat nyata.

Untuk lukisan ikan koi dengan pesanan khusus dibanderol dengan harga Rp5 juta, belum termasuk bingkai.

Bingkai yang dipakai pada umumnya berwarna emas agar lukisan terlihat lebih mewah. Dalam 2015 ini, lukisan ikan koi sudah terjual sebanyak 50 buah.

Lukisan kuda air

(Azalia Amadea-Money.id)

Lukisan kuda air dipercaya juga oleh orang China sebagai pembawa keberuntungan, terutama lukisan kuda yang sedang berlari di air. Menurut Andi, lukisan kuda yang sedang berlari memiliki arti kegigihan dalam meraih rejeki.

Kuda dipercayai sebagai hewan pekerja keras, dan air memiliki arti sumber kehidupan.

Lukisan kuda air juga menjadi lukisan favorit di toko tersebut. Lukisan kuda yang sedang berlari di atas air berarti orang yang bekerja keras untuk mendapatkan kehidupan yang layak.

Dalam lukisan itu terdapat satu ekor kuda pejantan yang melambangkan kepemimpinan. Sedangkan lukisan air digambarkan melalui air yang memiliki arti kehidupan yang tenang.

Jumlah kuda dalam lukisan tersebut umumnya delapan ekor. Angka delapan dipercaya sebagai angka hoki yang berarti rejeki tidak terputus.

Berbeda dengan lukisan ikan koi, lukisan kuda berlari di air tidak memiliki detail-detail khusus lainnya. Hanya saja pembuatan lukisan ini lebih sulit dibanding membuat lukisan ikan koi.

Membuat detail dari anatomi badan kuda seperti bentuk otot-otot menjadi kesulitan utama dalam pembuatan lukisan tersebut, sehingga lukisan dibanderol dengan harga yang lebih mahal yaitu Rp6 juta. Dalam tahun 2015 ini lukisan kuda berlari di atas air sudah terjual 70 buah. (poy)

(da/aa)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section