1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Investasi yang Wajib Dimiliki Seorang Ayah

Selain harus memahami seluk beluk investasi, seorang ayah yang baik juga harus memiliki investasi yang cukup.

By Dwifantya Aquina 6 November 2016 11:06
Menjadi kepala keluarga, itu artinya Anda harus melindungi seluruh anggota keluarga (time.com)

Money.id - Menjadi seorang ayah berarti siap menjadi tulang punggung keluarga. Artinya, sebagian besar beban rumah tangga mulai dari istri hingga anak-anak berada di pundakmu. Tidak terkecuali beban finansial. Seorang ayah wajib memastikan kondisi keuangan keluarga aman.

Oleh karenanya, investasi adalah hal yang sangat penting bagi seorang ayah. Selain harus memahami seluk beluk investasi, seorang ayah yang baik juga harus memiliki investasi yang cukup. Setidaknya, seperti dikutip dari CekAja.com, seorang ayah harus memiliki 4 investasi berikut ini:

Investasi finansial

Investasi dalam bentuk finansial wajib dimiliki seorang ayah. Alasannya, selain likuid alias mudah dicairkan, investasi finansial menawarkan keuntungan yang menggiurkan. Ada beberapa jenis investasi finansial mulai dari saham, reksa dana hingga obligasi. Tabungan berjangka seperti tabungan pensiun juga digolongkan sebagai instrumen investasi yang wajib dimiliki seorang ayah.

Dengan memiliki sekian instrumen berikut, ayah bisa memastikan uang keluarga berada di keranjang yang aman. Tidak hanya itu, dengan berinvestasi ayah juga telah menyisihkan sejumlah uang untuk kebutuhan masa depan mulai dari pendidikan hingga kebutuhan lainnya. (Baca juga: Ibu Rumah Tangga Ingin Bantu Tambah Pemasukan? Ini Bisnis Modal Kreativitas yang Cocok untuk Kamu)

Investasi kesehatan

Ayah yang bertanggungjawab adalah ayah yang sehat. Tidak mungkin seorang ayah yang sakit-sakitan dapat menjaga dan melindungi keluarganya. Semakin sehat seorang ayah, semakin minim pula sebuah keluarga mengalami risiko kesulitan keuangan. Oleh karena itu, kesehatan adalah investasi yang wajib dimiliki seorang ayah.

Bila Anda seorang ayah, sudah jadi kewajiban untuk menajalani gaya hidup sehat dengan berolahraga teratur dan mengontrol makanan. Untuk melindungi keluarga, pastikan juga ayah memiliki asuransi kesehatan. Dengan produk keuangan satu ini, seorang ayah dapat menghindarkan kemungkinan buruk yang diakibatkan oleh sakitnya anggota keluarga atau bahkan kepala keluarga itu sendiri.

Investasi pada risiko kematian

Apa jadinya bila sebuah keluarga ditinggal pergi oleh kepala rumah tangga untuk selamanya? Yang pasti keluarga tersebut akan mengalami kesulitan. Namun, kesulitan tersebut bisa diminimalisir dengan perlindungan yang tepat. Salah satu perlindungan yang harus dimiliki adalah asuransi jiwa. Dengan memiliki asuraqnsi jiwa, seorang kepala keluarga sebenarnya sedang melindungi masa depan keluarganya dari risiko kematian. Sebab, produk keuangan satu ini akan memberikan sejumlah uanga pertanggungan pada anggota keluarga yang ditinggalkan.

Investasi ilmu dan keahlian

Investasi pertama yang perlu dilakukan oleh para ayah adalah mempelajari keahlian baru. Misalnya, saat ini kamu merupakan seorang karyawan yang bekerja untuk perusahaan sebagai supervisor atau manajer, untuk itu kamu wajib mengembangkan keahlian yang berhubungan dengan pekerjaanmu.

Namun, jangan pernah terkotakkan dalam suatu hal. Pelajari ilmu dan keahlian baru di luar pekerjaanmu, misalnya keahlian yang sesuai dengan hobi yakni bidang otomotif, elektronik dan sebagainya. Suatu saat bisa saja keahlian tersebut jadi sumber penghidupanmu dan keluarga di masa depan. (Baca juga: Ternyata Keputusan Membeli Rumah Bisa Mempengaruhi Kariermu)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section