1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ini Lima Tips Sebelum Memulai Bisnis Sampingan

Selain memberikan pemasukan lebih, bisnis kecil yang dimiliki pun bisa memberikan kepuasan serta pengalaman.

By Dian Rosalina 27 Mei 2016 10:21
Ilustrasi (epsfamily.com)

Money.id - Banyak wirausaha muda yang sengaja keluar dari pekerjaan mereka untuk merintis usaha sendiri. Tetapi tidak semuanya memiliki dasar pengetahuan mengenai bisnis.

Misalnya seperti keberanian, uang, koneksi, atau pengalaman. Memiliki bisnis sampingan sudah menjadi hal umum bagi kalangan anak muda zaman sekarang.

Sambil kuliah atau bekerja, bisnis sampingan pun tetap berjalan. Selain memberikan pemasukan lebih, bisnis kecil yang dimiliki pun bisa memberikan kepuasan serta pengalaman.

Nah berikut ini adalah tips yang bisa jadi referensi Anda yang dikutip dari Jdacommunity.com, Jumat 27 Mei 2016.

Apa yang bisa ditawarkan

Sebelum memulai bisnis, alangkah baiknya mengetahui keadaan pasar secara keseluruhan. Termasuk pasar yang akan Anda bidik. Dengan memeriksa website penyedia online marketplaces, Anda bisa tahu gambaran di lapangan akan seperti apa.

Dari sanalah ide terbentuk. Anda pun bisa membuat sebuah usaha unik dan beda dari yang lainnya tapi tetap pada keinginan pasar.

Hentikan pengeluaran yang tidak perlu

Mumpung masih muda, pasti Anda maunya berfoya-foya, bukan? Lebih baik hentikan dari sekarang. Banyak wirausaha yang terlalu mengeluarkan banyak uang untuk bisnis baru tanpa mengatur keuangannya.

Alhasil tujuan yang dari awal sudah disusun secara matang tidak membuahkan hasil apapun. Yang tersisa, Anda tidak punya uang.

Tahu kelemahan sendiri

Belajar sedari dini di mana kelebihan Anda dan kelemahan Anda. Bila Anda ahli di bidang desain grafis, tetapi tidak memiliki pengalaman marketing, jangan menjadi seorang marketing.

Nah setelah tahu di mana kekurangan Anda, kembangkan usaha sampingan di bidang tersebut. Dengan begitu Anda tidak perlu susah payah belajar dari nol lagi.

Tes pasar

Sebelum memasarkan produk lebih jauh lagi, sebaiknya Anda tes dulu pasarnya. Misalnya mulailah memberikan barang atau jasa kepada 10 pelanggan pertama Anda.

Bila testimonial mereka mendukung Anda, berarti itulah pasar yang harusnya Anda bidik. Anda pun bisa mulai mengatur strategi bisnis yang tepat dan bisa menghasilkan keuntungan.

Menikmati tantangan

Bila ini adalah kali pertama Anda mulai bisnis, tentu akan banyak kesulitan dan tantangan yang Anda temui. Tetapi jangan biarkan tantangan tersebut membuat Anda tidak bersemangat.

Karena semua penolakan yang Anda terima sebenarnya adalah bekal Anda bisa sukses untuk ke depannya. (poy)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section