1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

4 Cara untuk Hindari Stres Soal Uang

Untuk mengatasi stres karena uang, dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti membuat anggaran keuangan.

By Abdul Kharis 26 Mei 2016 11:04
Ilustrasi orang yang sedang stres karena uang (thedebtlady.com)

Money.id - Terlalu banyak utang, tidak cukup uang, biaya sekolah anak-anak, dan banyak masalah keuangan lainnya kerap datang menghampiri. Hal itu akan menyebabkan Anda merasakan stres keuangan.

Untuk mengatasinya, dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti membuat anggaran keuangan. Buanglah stres keuangan dalam diri Anda, sehingga pengaturan keuangan menjadi lancar.

Mengutip dari moneyfor20s.about.com, Kamis, 26 Mei 2016, berikut adalah empat cara untuk menghindari stres karena uang.

1. Buat anggaran keuangan

Pada awalnya Anda mungkin berpikir bahwa anggaran hanya akan menambah stres keuangan Anda. Tetapi itu adalah alat terbaik untuk mendapatkan kontrol terhadap keuangan dan berhenti mengkhawatirkan uang.

Anggaran memungkinkan Anda untuk memutuskan kapan dan bagaimana akan menghabiskan uang Anda. Dengan melakukan hal ini akan menghindari diri Anda dari masalah keuangan yang dapat menyebabkan stres.

2. Siapkan dana darurat

Ketika masalah keuangan datang menghampiri, semua bisa teratasi jika Anda memiliki dana darurat. Hal ini akan membuat masalah dan stres keuangan enggan menghampiri Anda.

3. Minta bantuan keluarga atau sahabat

Masalah keuangan sering datang tanpa kita sadari, hal itu tentu saja dapat membuat Anda mengalami stres keuangan. Untuk menghindarinya, cobalah meminta bantuan berupa pinjaman uang atau sekedar masukan dari keluarga dan sahabat Anda.

Mereka akan membantu Anda menghadapi masalah keuangan yang sedang dihadapi dan menjauhkan Anda dari stress keuangan.

4. Memotong pengeluaran

Seringkali Anda sering mengalami masalah keuangan karena kehabisan uang sebelum menerima gaji. Jika Anda tidak menghasilkan cukup uang, cobalah untuk memotong pengeluaran keuangan.

Melakukan hal ini akan membuat Anda memiliki dana lebih dan dapat membantu saat menghadapi masalah keuangan, serta menghindari stres karena uang.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section