1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Indahnya Hidup Tanpa Utang

Kartu kredit dan pinjaman lainnya dapat memberikan dana di saat Anda membutuhkan, dan membuat Anda terjerat utang.

By Abdul Kharis 29 Mei 2016 17:06
Ilustrasi orang yang tidak memiliki utang (blog.credit.com)

Money.id - Publik kerap kali meminjam uang ke bank, teman, atau, saudara saat membutuhkan uang. Bahkan ada beberapa orang yang rela menggadaikan surat berharga miliknya seperti BPKB mobil dan motor untuk mendapatkan pinjaman.

Kartu kredit dan pinjaman lainnya dapat memberikan dana di saat Anda membutuhkan, tapi bisa membuat Anda terjerat dalam utang.

Alangkah baiknya bila hidup tanpa utang, karena Anda akan memiliki jalan hidup yang berbeda seperti kebebasan untuk bekerja lebih santai.

Mengutip dari wisebread.com, Minggu, 29 Mei 2016, berikut adalah empat jalan bila Anda hidup tanpa utang

1. Memiliki kebebasan untuk bekerja lebih santai

Semakin banyak utang yang Anda miliki, semakin harus bekerja dengan giat untuk melunasi pinjaman. Entah itu pinjaman untuk pembayaran rumah, pembayaran mobil, atau kartu kredit bisa membuat Anda terjebak dalam karir atau pekerjaan yang tidak disukai.

Apabila hidup tidak memilki utang, itu akan membuat Anda memiliki kebebasan untuk bekerja lebih santai karena tidak dikejar-kejar utang.

2. Dapat pensiun sewaktu masih muda

Ketika tidak memilki utang sewaktu muda, akan membuat Anda memiliki tabungan yang lebih banyak dan dapat pensiun dini dari dunia kerja. Selain itu, Anda tidak usah khawatir bila harus pensiun dini, karena tidak ada utang yang harus dilunasi.

3. Bisa memiliki tabungan yang sebenarnya

Tidak hanya dapat hidup bebas utang dapat meningkatkan rekening pensiun, ada juga kesempatan untuk menumbuhkan dana pribadi Anda.

Dengan dana pribadi tersebut, Anda dapat memakainya untuk modal usaha dan investasi, sehingga kemungkinan besar akan menambah pundi-pundi keuangan pribadi.

4. Mengurangi kecemasan

Utang membuat Anda diperbudak dan jumlah utang Anda dapat meningkatkan tingkat kecemasan Anda. Tanpa utang, akan mengurangi kecemasan dalam hidup Anda.

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section