1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ingin Sukses dalam Karier Anda? Hindari 7 Tipe Orang Ini di Kantor

Yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk meminimalkan dampak dari orang yang bisa menghambat kemajuan karier Anda.

By Dian Rosalina 2 Februari 2016 09:00
Ilustrasi Rekan Kerja di Kantor (www.inc.com)

Money.id - Setiap orang pasti pernah menghadapi orang-orang yang tidak menyenangkan.

Entah itu di kampus, lingkungan rumah, dan terutama di kantor. Tempat kerja adalah tempat di mana Anda tidak bisa selalu memilih berteman atau berinteraksi dengan siapa.

Yang bisa Anda lakukan adalah mencoba untuk meminimalkan dampak dari orang yang bisa menghambat kemajuan karier Anda.

Dikutip dari Fast Company, Selasa 2 Februari 2016, berikut ini adalah tujuh jenis orang yang perlu dihindari di tempat kerja.

Selalu menyalahkan orang lain

Orang semacam ini harus dihindari saat di kantor. Seseorang yang selalu menyalahkan orang lain atas masalah yang mereka hadapi adalah sikap yang tidak bertanggung jawab atas tindakan mereka sendiri.

Mereka sering melibatkan orang lain, situasi dan peristiwa dengan kegagalan yang dialami. Tipikal orang ini melihat keberhasilan orang lain sebagai hasil dari peluang dan keuntungan yang tidak tersedia untuk mereka.

Karena sikap inilah mereka selalu menyimpan kecurigaan dan menyebarkan energi negatif yang bisa membuat Anda mudah terjatuh.

Pengeluh

Orang yang sering mengeluh sepertinya tidak pernah puas kecuali mereka memiliki sesuatu untuk mengkritik dan menentang karya orang lain. Mereka adalah ahlinya mengeluarkan keluhan-keluhan negatif dalam situasi apapun.

Tanpa rasa ragu-ragu, dengan mudahnya orang tipikal ini bisa menunjukkan keresahannya kepada Anda hingga keluhannya tersebut didengar.

Mereka juga suka bergaul dengan pengeluh lain dan jika ada yang tidak bergabung serta tidak menyukai mereka, orang tersebut akan pindah ke tempat yang bisa mengeluh bersama-sama.

Pengontrol

Kadang ada benarnya jika memgambil alih proyek tertentu dan menempatkan keahlian Anda dengan baik. Tetapi jangan sampai keadaan tersebut membuat Anda menjadi orang yang suka mengontrol seenaknya.

Mereka didorong oleh kebutuhan untuk bertanggung jawab dalam setiap situasi-situasi tertentu.

Namun jika mereka mendapati tidak bisa memimpin dengan baik, mereka akan cepat kehilangan minat dan beralih ke lingkungan baru.

Cara untuk mengindari tipe kepribadian ini hanya tidak mengakui otoritas mereka. Anda tidak perlu menjadi orang yang konfrontatif, selama mereka tidak bisa menemukan kelemahan Anda.

Tipe pencemburu

Orang-orang ini cenderung untuk menyuarakan pendapat negatif setiap kali mendengar keberhasilan orang lain. Mereka sering frustasi karena gagal mencapai apa yang mereka rasakan.

Tipikal pencemburu ini tidak suka dengan kemajuan orang lain dan akan mengganggu keberhasilan Anda nantinya.

Jika terpaksa ada tipe orang seperti ini di sekitar Anda, sarannya cuma satu, yaitu tidak berbagi dan memberitahu presentasi pekerjaan Anda.

Penggosip

Penggosip adalah orang-orang yang berpikiran sempit dan sering membahas orang lain. Pembicaraan mereka mungkin tidak terdengar terang-terangan dan berbahaya sepanjang waktu.

Tetapi bergosip biasanya menceritakan kesusahan orang lain. Tipe orang ini tidak memiliki gairah atau tujuan yang mereka perjuangkan sendiri. Hindari orang-orang semacam ini di tempat kerja Anda.

Menghakimi

Orang memiliki ide sendiri untuk menunjukkan hasil kinerja mereka bagi perusaahan. Namun orang-orang yang sering menghakimi dan rajin mengkritik pekerjaan Anda lebih baik dihindari.

Ciri-ciri orang seperti ini biasanya orang yang cenderung memiliki rasa humor yang terbatas dan candaan yang mereka keluarkan biasanya sarkasme, ditujukan untuk siapa pun yang memiliki pendapat berbeda dengan mereka.

Sombong

Di hampir setiap tempat kerja, ada seseorang yang merasa mereka lebih tahu dari apa yang Anda lakukan atau bisa melakukan segala sesuatu yang lebih baik daripada yang Anda lakukan.

Jika ada sesuatu yang bisa Anda kerjakan dengan baik, mereka cenderung tidak peduli dan mengklaim mereka bisa lebih baik dari itu. Sombong dan percaya diri berbeda tipis.

Orang yang percaya diri tidak merasa terancam jika orang lain mendapatkan prestasi yang baik dan tidak perlu merasa meremehkan pekerjaan mereka. Sedangkan sombong adalah cara untuk menutupi rasa tidak aman dari diri seseorang. (poy)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section