1. HOME
  2. FINANCE
FRESH

Ingin Jadi Wanita Sukses? Ikuti Tips Berikut Ini

Tak hanya dalam dunia kerja, wanita juga tetap bisa sukses dalam mengurusi keluarga

By Nur Chandra Laksana 1 Mei 2016 08:20
Ilustrasi Wanita Karir (pixabay.com)

Money.id - Di dunia ini banyak wanita atau seorang ibu dapat sukses dalam bidang karir dan bidang lainnya. Namun, mereka masih tetap tangguh dalam mengurus rumah tangga, menjaga hubungan dengan suami, dan juga merawat anak-anak.

Namun memang menjadi wanita seperti itu masih terlihat sulit untuk para orang awam. Padahal, untuk menjadi wanita sukses namun tetap mampu mengurus keluarga hanya didasari oleh lima prinsip yang mereka pegang secara konsisten.

Penasaran dengan kelima prinsip tersebut? Jika iya, silahkan simak laporannya seperti yang sudah disadur dari laman Inc berikut ini.


Sukses tidak terjadi secara kebetulan, tapi harus dikejar

Perempuan yang sukses selalu membuat peta jalan menuju kesuksesan berdasarkan pada visi yang jelas. Visi tersebut sudah diperhitungkan dan dibuat berdasarkan pada pilihan dan risiko yang akan ditanggungnya.

Mereka menuliskan visi, tujuan dan hasil yang diharapkan. Mereka membuat peta jalan berisi pencapaian dan jadwal. Mereka menyadari akan ada pengorbanan dan kejutan tak terduga di sepanjang jalan.

Jika setelah mengevaluasi jalan saat ini dan ternyata jalan tersebut tidak mengarah ke hal yang diinginkan, mereka akan segera mencari jalan lain untuk mencapai tujuan.

 
Jangan pernah meremehkan kekuatan diri sendiri

Penghalang terbesar Anda untuk mencapai sukses bukan berasal dari bagaimana orang lain memandang Anda, tetapi bagaimana Anda melihat diri Anda sendiri. Statistik mengatakan perempuan sukses bisa kehilangan hampir setengah juta dolar selama karier mereka. Mengapa?

Karena mereka meremehkan kemampuan mereka sendiri, 'menjual' keterampilan/keahlian dengan 'harga rendah' dan meragukan kesiapan dirinya menuju ke tingkat berikutnya. Jika itu Anda, coblah belajar untuk membungkam perasaan ragu-ragu dalam diri dan menjadi cheerleader bagi diri sendiri - pastikan Anda mengasah kemampuan dan nilai jual Anda setiap hari.

Sadari bahwa apa yang Anda tidak tahu, bisa dipelajari di sepanjang jalan karier Anda. Tetapi apa yang Anda miliki saat ini lebih dari cukup untuk memulai Anda menjual ke tingkat berikutnya.


Meraih peluang saat menjadi satu-satunya perempuan dalam tim atau kelompok

Perempuan sukses memanfaatkan nilai autentik mereka bahkan ketika mereka berdiri di tengah tim atau kelompok laki-laki. Mereka memahami kekuatan dari keragaman (dalam tim) dan memanfaatkan kecerdasan emosional, kepribadian dan kinerja mereka untuk terlihat lebih menonjol.

Faktor kunci dalam mengembangkan branding kepribadian Anda adalah kekhususan sebagai perempuan yang ahli di bidangnya. Menyadari kekuatan Anda sebagai perempuan dan kepekaan yang unik adalah aset yang melekat.

Carilah peluang di mana Anda dapat menonjolkan diri dan membuat keterampilan, keahlian dan pandangan Anda berguna bagi tim. Maksimalkan momen tersebut untuk membuat diri Anda terlihat eksklusif.


Percaya diri adalah kebiasaan yang perlu dilatih

Perempuan sukses menguasai cara bagaimana tampil percaya diri ketika mereka merasa takut. Jadi, jangan sampai dikuasai oleh rasa takut; tapi jadikan itu sebagai pendorong. Keyakinan dibangun melalui pengulangan dan pengalaman.


Tidak menerima sesuatu apa adanya, tapi mengolahnya menjadi lebih berharga

"Jika Anda diberi jeruk lemon, jangan membuat jus lemon, tapi bukalah usaha yang menjual jus lemon," kata Mikaila Ulmer, pemenang Shark Tank, acara televisi yang menampilkan para pengusaha startup sukses di Amerika Serikat.

Perempuan sukses selalu mengedepankan kepemilikan. Mereka menyadari nilai mereka sendiri sebagai pencipta, pencetus dan inovator.

Bangun pola pikir sebagai pemilik perusahaan. Kenali masalah yang membutuhkan solusi. Buka usaha sendiri dan undang orang lain untuk berkolaborasi dengan Anda dalam visi Anda.

Menurut 2015 State of Women-Owned Businesses Report, bisnis yang dijalankan perempuan di AS tumbuh 1,5 kali rata-rata nasional. Dan perempuan Afrika-Amerika yang memiliki bisnis sendiri merupakan segmen dengan pertumbuhan tercepat di AS.

 

Baca Juga :

(ncl/ncl)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section