1. HOME
  2. FINANCE
BISNIS

Ingin Jadi Pengusaha Produktif? Ikuti Tips Ini

Sebagai pengusaha, efisiensi waktu dan produktivitas yang padat adalah bagian dari kesuksesan.

By Dian Rosalina 21 November 2015 08:03
Ilustrasi Entrepreneur (techcitynews.com)

Money.id - Pengusaha adalah seseorang yang menjalani sebuah usaha dengan produk atau jasa tertentu untuk kemudian memasarkannya agar mendapat keuntungan tertentu. Seorang pengusaha memiliki waktu yang sibuk dan setumpuk tugas yang harus diselesaikan secepat mungkin.

Dikutip dari Forbes, Jumat 20 November 2015, efesiensi waktu dan produktivitas yang padat adalah bagian dari kesuksesan. Bila ingin menjadi seorang pengusaha yang produktif, Anda perlu mengikuti tips berikut:

Buat tiga daftar utama
Agar bisa memanfaatkan waktu yang ada, usahakan setiap pagi tulislah tiga inisiatif Anda dan daftar tersebut harus diselesaikan hari itu juga. Meski Anda memiliki kegiatan yang sibuk, dan banyak email dari klien mengenai pekerjaan Anda, jangan sampai tiga daftar yang Anda tulis tidak terselesaikan.

Perlu diingat, Anda akan menemukan bahwa banyak orang sukses yang melakukan hal ini. Kegiatan tersebut tidak terlalu berat bukan? Mengingat sebagai pengusaha Anda telah mencapai hal-hal besar.

Lebih aktif
Bukan rahasia lagi bahwa menjadi seseorang yang aktif sangat penting untuk produktivitas seorang pengusaha. Studi menunjukkan bahwa berolahraga selama 20 menit sehari dapat menghasilkan endorfin yang bisa meningkatkan suasana hati.

Sebagai pengusaha yang sibuk, Anda tentunya harus melakukan kegiatan yang menyenangkan juga. Seperti berjalan-jalan setelah makan siang, atau berjalan kaki pulang ke kantor. Anda bisa melihat bahwa dunia ini tidak hanya tentang berbisnis saja.

Bantuan dari asisten
Bagi Anda yang masih merintis usaha kecil, tidak ada salahnya untuk memiliki asisten pribadi. Asisten bisa dipekerjakan untuk mengurus hal-hal kecil yang sebenarnya lebih memakan waktu. Mereka bisa membantu Anda, seandainya Anda harus menemui klien di luar, sedangkan pekerjaan di kantor masih menumpuk.

Daftar malam hari
Keluhan para pengusaha biasanya adalah gangguan insomnia yang tidak kunjung hilang. Karena setiap saat Anda harus berada di depan notebook atau memegang ponsel, bahkan sebelum tidur.

Meskipun setelah itu Anda tertidur begitu saja, bisa jadi Anda tiba-tiba terbangun karena mendapati pekerjaan yang belum selesai.

Agar tidak menjadi hal kebiasaan, mulailah untuk menjauhkan pekerjaan Anda sebelum tidur, meski banyak email masuk dari klien penting sekali pun. Cukup tidur bagi seorang pengusaha adalah sesuatu yang penting agar lebih produktif esok paginya.

Sign out email
Email memang fitur yang memudahkan Anda. Namun itu juga bisa menjadi gangguan jika setiap menitnya notifikasi terus masuk. Entah itu hanya notifikasi dari sosial media Anda atau email penting. Cobalah untuk keluar dari akun email Anda.

Beberapa dari Anda mungkin menganggapnya tidak efisien, karena hanya akan menambah pekerjaan saja nantinya. Namun tidak ada salahnya menutup email Anda beberapa jam saja. Itu mungkin hal yang remeh, tetapi itu bisa meningkatkan produktivitas Anda, lho. (ita)

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section