1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Hal Harus Diperhatikan Sebelum Jual Rumah

Peran seorang broker atau makelar juga penting dalam mendongkrak nilai rumah yang akan dijual

By Rohimat Nurbaya 13 Juni 2016 09:03
Ilustrasi denah rumah (geniusbeauty.com)

Money.id - Banyak alasan orang menjual rumah. Ada yang karena akan pindah ke daerah lain, atau karena butuh uang dengan segera. Menjual rumah harus didukung oleh komitmen untuk menyajikan rumah dalam kondisi terbaiknya agar menarik minat pembeli potensial.

Dikutip dari geniusbeauty.com, peran seorang broker atau makelar juga penting dalam mendongkrak nilai rumah yang akan dijual. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita memasang iklan untuk menjual rumah.

Pertama adalah melakukan evaluasi terhadap kondisi rumah yang akan dijual. Jika Anda sudah menempati rumah Anda lebih dari beberapa tahun, kemungkinan bahwa rumah tersebut akan membutuhkan beberapa renovasi.

Untuk itu Anda harus memeriksa kondisi rumah Anda dengan teliti. Beberapa bagian yang perlu diperiksa di antaranya kondisi atap, lantai, tembok dan cat rumah. Langkah tersebut akan memberi Anda ide tentang perubahan yang perlu dilakukan untuk meningkatkan nilai jual dari rumah.

Berikutnya adalah masalah renovasi rumah. Catat apa yang telah Anda pelajari saat melakukan evaluasi pada rumah dan menerapkan renovasi, jika diperlukan, dengan penuh pertimbangan.

Anda dapat menghemat dana renovasi dengan melakukan beberapa pekerjaan sederhana sendiri, seperti membersihkan rumah, mengecat tembok, memasang lampu-lampu atau memotong rumput. 

Tapi renovasi besar akan memerlukan bantuan profesional. Perlu diingat pula bahwa untuk pekerjaan listrik dan pipa, Anda mungkin akan memerlukan izin dinas terkait di kota Anda.

Setelah membuat perubahan sesuai dengan evaluasi yang dibuat sebelumnya, Anda tinggal membereskan beberapa pekerjaan yang mungkin tak memerlukan bantuan orang lain. Seperti memasang lampu-lampu, mengeluarkan perabotan yang sudah rusak, membersihkan taman, dan sebagainya.

(rn/rn)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section