1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Ciri Orang yang Butuh Bantuan Konsultan Keuangan

Gaji tiap bulan tidak bersisa? Utang kartu kredit tak kunjung lunas? Jangan-jangan Anda butuh konsultan keuangan.

By Dwifantya Aquina 3 November 2016 07:02
Terlilit utang dan sulit melunasinya bisa jadi tanda Anda butuh konsultan keuangan (sofrontax.com)

Money.id - Siapapun bisa mengalami masalah finansial. Bahkan, orang dengan karier gemilang dan penghasilan besar sekalipun. Tidak perlu menunggu bangkrut, orang yang mengalami masalah keuangan yang parah butuh bantuan konsultan keuangan.

Tapi kondisi keuangan seperti apa sih yang layak untuk dikonsultasikan pada profesional keuangan? Berikut ini 5 cirinya seperti yang dikutip CekAja.com:

Gaji habis di tengah bulan

Bila gaji Anda tergolong lebih tinggi dari rata-rata orang di sekitar Anda namun selalu habis di pertengahan bulan, tandanya Anda memiliki masalah finansial. Ada banyak penyebabnya, mulai dari sulit menentukan antara keinginan dan kebutuhan saat belanja hingga tidak kuasa menahan keinginan untuk belanja.

Bila sudah seperti ini, jangan tunggu lama lagi, segra konsultasikan masalah Anda pada ahlinya. Jangan sampai kondisi ini dibiarkan berlarut sehingga menjadi bom waktu di kemudian hari. (Baca juga: Ini Harga Rumah yang Sesuai dengan Gaji Kamu)

Sulit melunasi utang

Gaji Anda tergolong besar namun utang Anda jauh lebih besar lagi. Bahkan, hidup Anda tidak bisa terbebas dari utang. Ini merupakan masalah yang serius. Apalagi jika Anda sudah tidak punya solusi untuk diri sendiri. Anda butuh orang ketiga untuk memikirkan solusi. Dari sudut pandang orang lain, mungkin saja ditemukan solusi yang selama ini tidak terpikirkan oleh Anda. Sekadar informasi saja, perencana keuangan juga memiliki kemampuan untuk menegosiasikan utang dengan bank ataupun lembaga keuangan lainnya.

Sering telat bayar cicilan

Anda suka menunda membayar utang yang jatuh tempo? Telat beberapa hari atau bahkan lebih dari satu pekan? Kebiasaan satu ini menandakan bahwa Anda memiliki tingkat disiplin yang rendah serta buruk dalam mengatur keuangan. Jadi sudah saatnya bagi Anda untuk menyerahkan hal ini kepada konsultan keuangan. Siapa tahu setelah mendapatkan masukan dari seorang profesional Anda bisa lebih baik lagi dalam mengatur keuangan.

Tidak punya dana pensiun

Khusus buat Anda yang sudah berusia 35 tahun ke atas, dana pensiun adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Dengan mengumpulkan dana untuk pensiun, kamu sama saja memupuk bekal untuk hidup bahagia di hari tua. Nah, bila kamu masih belum juga memiliki dana pensiun, apapun alasannya, ada sesuatu yang salah dengan keuangan Anda.

Dikejar-kejar debt collector

Hal yang satu ini merupakan fase paling buruk dan tidak diinginkan setiap orang. Ya, dikejar-kejar oleh debt collector karena kamu tidak kunjung melunasi utang adalah pertanda kondisi keuanganmu sangat buruk. Cari tahu apa penyebab kondisi keuangan Anda begitu buruk, sampai-sampai debt collector harus turun tangan? Bila Anda tidak dapat menangani masalah ini sendirian, saatnya meminta bantuan perencana keuangan independen. (Baca juga: Beda Cara Pikir Orang Kaya Vs Orang Miskin)

 

(da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section