1. HOME
  2. FINANCE
KARTU KREDIT

Catat, Ini Kelebihan dan Kekurangan Kartu Kredit

Saat ini kartu kredit sudah menjadi gaya hidup masyarakat di dunia termasuk Indonesia.

By Abdul Kharis 19 Mei 2016 14:05
Ilustrasi kartu kredit (malaysiacreditcards.worpress.com)

Money.id - Kartu kredit memberikan banyak peluang bagi pengguna untuk mendapatkan kemudahan, baik dalam bertransaksi maupun skema pembayaran yang bisa dicicil. Oleh karena itu, saat ini kartu kredit sudah menjadi gaya hidup masyarakat di dunia termasuk Indonesia.

Sudah banyak orang yang menggunakan kartu kredit, ada yang merasakan untung dan ada juga yang sebaliknya. Bahkan, ada sebagian orang tidak mau membuat kartu kredit walaupun dirinya sudah mampu.

Kelebihan yang dimiliki kartu kredit, sebanding dengan kekurangannya. Semua itu tergantung dari pemegang kartu kredit menyikapinya.

Mengutip dari berbagai sumber, Kamis 19 Mei 2016, berikut adalah kelebihan dan kekurangan kartu kredit.

Kelebihan kartu kredit

Kelebihan kartu kredit meliputi, mempermudah pembayaran sehingga tidak perlu membawa uang tunai. Selain itu, kemudahan dalam melakukan pembayaran utang kartu kredit dapat dilakukan dengan mencicil atau membayar minimun dari tagihan yang dikirim tiap bulannya.

Kartu kredit memiliki tingkat keamanan yang cukup tinggi, bila dompet dicopet, maka bisa segera melapor ke card center untuk melakukan pemblokiran kartu kredit. Ditambah lagi, kemudahan dalam menggunakan dana pihak lain tanpa bunga bila dilakukan pembayaran lunas tiap tagihan datang atau biasa disebut grace period.

Dan yang terakhir, kemungkinan mendapatkan berbagai hadiah atau tawaran dengan harga diskon khusus bagi pemegang kartu kredit tertentu.

Kekurangan

Selain memiliki kelebihan, tentu saja kartu kredit memiliki kelemahan, seperti bunga tahunan yang cukup mahal, termasuk pembayaran tambahan untuk pengambilan uang di luar negeri, dan transaksi internet pada website yang berada di luar negeri.

Pada saat mengambil uang tunai melalui ATM menggunakan kartu kredit, maka secara langsung dikenakan fee pengambilan yang besarannya sekitar Rp30 ribu sampai Rp40 ribu, tergantung pihak bank.

Bila utang kartu kredit Anda melebihi limit dan tak kunjung dilunasi, jangan sampai berurusan dengan debt collector. Bisa jadi perabotan rumah tangga pun akan dibawa pada saat penagihan.

Setelah mengamati kelebihan dan kelemahan dari kartu kredit, Anda harus bijaksana sebelum mengambil keputusan untuk memiliki kartu kredit. Jangan sampai menyesal di kemudian hari. (dwq)

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section