1. HOME
    2. FINANCE
TIPS KERJA

Catat! Ini 4 Kesalahan Calon Karyawan Saat Wawancara Kerja

Calon karyawan yang sudah berpengalaman pun kadang mengalami masalah saat wawancara.

By Rohimat Nurbaya 16 Mei 2016 06:03
Ilustrasi calon karyawan (Pixabay)

Money.id - Wawancara kerja adalah kesempatan membuat kesan pertama yang luar biasa. Saat itu juga merupakan momen untuk membuktikan kepada perusahaan bahwa Anda adalah orang terbaik untuk pekerjaan yang ditawarkan. Namun, kadang rasa gugup dan kurang persiapan membuat wawancara jadi gagal, kesempatan dapat  kerja hilang.

Dikutip dari Bussines Insider, Liz Wessel, CEO dan pendiri WayUp, situs yang digunakan ratusan ribu mahasiswa untuk menemukan pekerjaan, membeberkan kesalahan yang biasa dibuat pelamar kerja sebelum dan saat wawancara.

"Bahkan calon karyawan yang sudah berpengalaman pun kadang mengalami masalah untuk menerapkan wawancara yang baik," kata Wessel.

Menurut dia, setidaknya ada empat kesalahan yang sering dilakukan calon karyawan saat wawancara kerja. Berikut daftarnya.

1. Mengungkapkan kegugupan yang dirasakan

Wessel mengatakan sebagian pelamar mungkin akan mengungkapkan perasaan gugup mereka kepada pewawancara selama wawancara. Padahal itu adalah langkah yang salah.

"Perusahaan mengharapkan Anda untuk menjadi orang dewasa, tenang di bawah tekanan, dan mampu menangani situasi stres yang mungkin Anda alami di tempat kerja," katanya.

"Berbicara tentang kegugupan Anda dengan tujuan mendapatkan belas kasihan adalah cara yang salah. Itu sama saja Anda mengirim sinyal bahwa Anda tidak siap untuk menangani lingkungan kerja yang sebenarnya," ucap dia.

2. Tidak cari tahu informasi tentang perusahaan

"Saya pernah kedatangan seorang kandidat yang berjalan ke dalam ruangan dan bertanya apakah saya adalah manajer kantor," kata Wessel. "Itu bukan awal yang bagus!"

Ketika Anda mempersiapkan sebuah wawancara, Anda harus mencari tahu informasi tentang perusahaan. Termasuk pimpinan dan orang dengan siapa Anda akan berbicara.

"Perusahaan ingin melihat bahwa Anda telah melakukan pekerjaan rumah Anda, dan bahwa Anda terlibat dengan perusahaan dan isu-isu tersebut."

Sebenarnya tidak apa-apa mengajukan pertanyaan, katanya, tetapi bukan pertanyaan yang Anda harus sudah tahu jawabannya atau dapat dengan mudah dicari jawabannya dengan mesin pencarian Google.

"Persiapan yang bagus akan membantu Anda mengajukan pertanyaan yang berkualitas sehingga Anda akan terlihat lebih menonjol dari yang lainnya," ucap Wessel.

NEXT>> Kesalahan selanjutnya

 

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section