1. HOME
  2. FINANCE
TIPS SEHAT

Catat, 9 Biaya 'Tersembunyi' Orang Tua untuk Anak

Biaya saat memiliki anak bukanlah hal kecil.

By Abdul Kharis 6 April 2016 17:59
Ilustrasi anak (emaze.com)

Money.id - Tidak bisa dipungkiri, membesarkan anak adalah sesuatu yang mahal dan memerlukan dana extra. Tetapi, anak muda yang akan menikah seringkali tidak memikirkan hal itu.

Mengutip dari investopedia, Rabu, 6 April 2016, berikut adalah sembilan biaya tersembunyi orangtua yang harus dipersiapkan untuk sang anak.

1. Biaya menyusui

Menggunakan Air Susu Ibu atau ASI lebih murah jika dibandingkan dengan susu formula, tetapi ASI tidaklah sepenuhnya gratis. Untuk memproduksi ASI diperlukan makanan bergizi agar kualitasnya dapat terdorong dan hal itu membutuhkan biaya.

2. Makanan

Semua orang membutuhkan asupan makanan, begitu pula anak Anda. Biaya makan anak akan diberikan semenjak sang buah hati masih bayi hingga dia mampu untuk mencari makan sendiri.

3. Perbaikan rumah

Biaya perbaikan rumah sangat diperlukan, anak-anak bisa membuat beberapa kerusakan di dalam rumah. Kerusakan bisa merupakan hal yang disengaja karena kenakalan anak-anak seperti mencoret-coret tembok, ataupun tidak disengaja.

4. Tren terkini

Tanpa disadari Anda akan mengeluarkan banyak biaya agar anak bisa mengikuti tren terkini. Anda ingin anak terlihat baik dan menarik dihadapan orang lain, hal ini memerlukan biaya yang tidak sedikit dan selalu berulang setiap pergantian model.

5. Kesehatan

Walaupun Anda tidak pernah menginginkan 'buah hati' jatuh sakit, tapi hal itu pasti terjadi. Sang anak memerlukan biaya medis apabila sedang sakit, walaupun hanya untuk membeli obat.

6. Liburan, pesta dan hadiah

Nah, Anda harus menyiapkan biaya liburan untuk sang anak minimal satu tahun sekali, agar dia dapat menyegarkan diri. Belum lagi ditambah biaya pesta ulang tahun atau pernikahan, orang tua juga harus menyiapkan hadiah untuk sang anak.

7. Kegiatan ekstrakurikuler

Saat anak Anda sekolah, mereka akan mengikuti kegiatan ekstrakurikeler. Tidak dapat dipungkiri, hal ini pun membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

8. Elektronik

Biaya elektonik pun harus diperhitungkan, saat sang anak beranjak dewasa, minimal dia akan meminta telepon genggam kepada Anda. Belum lagi televisi pribadi di kamarnya atau alat elektronik terkini.

9. Pendidikan

Biaya pendidikan anak bukanlah hal yang murah, uang harus disiapkan dari jauh-jauh hari. Sang anak akan sekolah dan akan melanjutkan ke perguruan tinggi, belum ditambah dengan uang jajan sang anak.

Nah, intinya berpikir secara matang dulu sebelum memiliki anak dan ketahui biaya apa saja yang diperlukan oleh sang buah hati. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal yang merepotkan saat memiliki anak.

Baca Juga

(ak/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section