1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Cara Memiliki Rumah Murah melalui KPR Sejahtera FLPP

Untuk harga rumah di KPR Sejahtera FLPP wilayah Jabodetabek pada tahun 2016 adalah Rp133,5 juta.

By Abdul Kharis 19 Februari 2016 14:01
Suasana pameran Indonesia Property Expo (Abdul/Money.id)

Money.id - Masih banyak masyarakat yang belum mengetahui program rumah bersubsidi lewat kredit pemilikan rumah (KPR) melalui Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan atau KPR Sejahtera FLPP.

Padahal melalui produk ini, pegawai dengan gaji Rp3 juta per bulan dapat memiliki rumah dengan harga murah di Jabodetabek.

KPR Sejahtera FLPP adalah dukungan fasilitas likuiditas pembiayaan perumahan kepada masyarakat berpenghasilam rendah (MBR) yang pengelolaannya dilaksanakan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Untuk harga rumah di KPR Sejahtera FLPP wilayah Jabodetabek pada tahun 2016 adalah Rp133,5 juta. Sedangkan tahun 2017 dinaikkan menjadi Rp141 juta, dan tahun 2018 Rp148,5 juta.

Persyaratan KPR Sejahtera FLPP antara lain berpenghasilan rendah dangan pendapatan tetap ataupun tidak tetap paling banyak Rp4 juta.

Syarat selanjutnya, pemohon dan pasangan tidak memiliki rumah yang dibuktikan dengan surat keterangan kelurahan setempat atau instasi tempat bekerja.

Berikutnya, belum pernah menerima subsidi pemerintah untuk pemilikan rumah dan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP).

Syarat terakhir, menyerahkan fotokopi SPT Tahunan PPT orang pribadi atau surat pernyataan bahwa penghasilan yang bersangkutan tidak melebihi batas penghasilan yang ditetapkan.

Ketentuan KPR Sejahtera FLPP sangat menguntungkan para pegawai dengan gaji Rp3 juta. Beberapa ketentuannya yaitu suku bunga lima persen dan tetap selama jangka waktu kredit. Adapun jangka waktu kredit maksimal 20 tahun.

Program ini sudah termasuk premi asuransi jiwa, kebakaran, dan kredit. Berikutnya, uang muka mulai dari satu persen dan bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Bagaimana cara memperoleh KPR Sejahtera FLPP? Yaitu melalui pengembang yang membangun rumah sejahtera tapak atau bank pelaksana.

Hal pertama yang dilakukan adalah nasabah menentukan lokasi rumah yang ingin dibeli, lalu membayar booking fee kepada pengembang yang membangun rumah sejahtera tapak.

Selanjutnya, melengkapi dokumen dan persyaratan yang ditentukan bank lalu diberikan kepada pengembang, untuk kemudian dokumen diserahkan kepada bank pelaksana. Data kemudian diverifikasi lagi. Jika tidak ada masalah, nasabah dapat melakukan akad kredit dengan pihak bank.

Bank Pelaksana KPR Sejahtera FLPP seperti Bank BTN, BNI, Mandiri, BRI, dan Artha Graha. Anda yang tertarik program ini silakan datangai stan KPR Sejahtera FLPP d Indonesia Property Expo 13-21 Februari 2016 di Jakarta Convention Center. (poy)

(da/ak)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section