1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Bos Nike Sumbang Kampusnya Rp5,3 Triliun

Phil Knight ingin menciptakan generasi baru yang ahli dalam memecahkan persoalan.

By Ita Malau 25 Februari 2016 13:02
Founder Nike, Phil Knight (Complex.com via Stanford Daily)

Money.id - Penemu perusahaan raksasa perlengkapan olahraga, Phil Knight, mendonasikan US$400 juta atau sekitar Rp5,3 triliun ke kampus tempat dia dulu menimba ilmu, Stanford University. Donasi ini diberikan untuk membantu mahasiswa pascasarjana di sana.

Itu merupakan bagian dari donasi bernilai total US$750 juta attau sekitar Rp10 triliun yang dinamakan Knight-Hennessy Scholars Program. Setiap tahunnya, donasi ini akan membiayai 100 mahasiswa baru yang mengambil master, doktoral, atau program profesional, demikian dikutip dari laman BBC, 25 Februari 2016.

John Hennessy yang segera lengser dari posisi presiden Stanford University, akan memimpin program beasiswa ini. Knight yakin, beasiswa yang dia berikan itu akan menciptakan generasi baru yang ahli dalam memecahkan masalah.

"John dan saya bermimpi di masa depan, 20 hingga 50 tahun dari sekarang. Ketika ribuan lulusan yang bisa berpikir out of the box dan memiliki keahlian memecahkan persoalan--bisa bekerja sama untuk dunia yang lebih damai untuk dihuni," kata Knight.

Dikutip dari marketwatch.com, beasiswa ini akan diberikan mulai tahun ajaran 2018. Saat ditanya apakah ada persoalan tertentu yang menjadi perhatiannya, Knight menjawab,"Sudah jelas, masih banyak masalah di dunia ini."

Knight memperoleh gelar MBA dari Stanford University tahun 1962, sebelum dia menemukan Nike. Sejak itu, dia rajin memberikan donasi ke kampusnya itu.

 

(im)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section