1. HOME
  2. FINANCE
BILL GATES

Bill Gates Punya Harta Rp1.000 Triliun, Kok Bisa?

Kekayaan Gates ternyata bukan berasal dari Microsoft.

By Adhi 16 Maret 2016 10:06
Bill Gates (businessinsider.co.id)

Money.id - Bill Gates telah tiga tahun berturut-turut menjadi orang paling kaya di muka bumi versi Forbes. Pendiri Microsoft itu hingga awal 2016 diklaim memiliki total harta senilai US$75 miliar atau sekitar Rp1.000 triliun.

Tak tanggung-tanggung, berdasarkan data World Bank, kekayaan Gates setara dengan pendapatan 10 negara di wilayah Afrika yang meliputi Senegal, Republik Congo, Zimbabwe, Madagaskar, Nigeria, Guinea, Togo, Sierra Leone, Malawi dan Lesotho.

Lantas, darimana sebenarnya Gates meraup harta kekayaan sebegitu banyak?

Forbes mengungkapkan, kekayaan Gates ternyata bukan berasal dari Microsoft. Perusahaan software yang didirikannya sejak 1975 itu diklaim hanya menyumbang seperlima dari total kekayaan Gates.

Pundi-pundi kekayaan Gates faktanya mengalir dari berbagai investasi yang didistribusikannya ke banyak perusahaan. Penghasil kekayaan terbesarnya berasal dari entitas investasi bernama Cascade Investment LLC.

Melalui Cascade Investment LLC, Gates menguasai 16 persen saham Republic Services yang mengoperasikan 334 perusahaan pengumpul sampah, 191 tempat pembuangan sampah dan 74 fasilitas daur ulang. Dari sini, Gates dikabarkan meraup kekayaan senilai US$2,2 miliar.

Selain Republik Services, Gates juga tercatat memiliki 17 persen saham jaringan dealer otomotif AutoNation. AutoNation sendiri kini mengoperasikan sekitar 258 waralaba otomotif di seantero Amerika Serikat. Kekayaan Gates dari sini diperkirakan mencapai US$680 juta.

Tak cukup sampai di situ, salah satu ikon industri teknologi ini juga memiliki saham senilai US$1,8 miliar di Ecolab, produsen pembersih pakaian paling populer di AS.

Tak lupa beramal

Mungkin ini adalah salah satu kunci kekayaan Gates. Ia tidak pernah lupa beramal.

Ya, bersama sang istri, Melinda, Gates diketahui membangun yayasan kemanusiaan bernama 'Bill & Melinda Gates Foundation' pada 1999. Yayasan ini menjelma menjadi salah satu badan amal paling berpengaruh di dunia.

Lewat yayasannya itu, kabarnya Gates telah menggelontorkan lebih dari US$40 miliar untuk kemanusiaan. (ita)

 

(a/a)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section