1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

BEI Ajak Masyarakat Budayakan Menabung di Reksa Dana

Sulit sekali mengubah budaya masyarakat yang cenderung menyimpan uangnya di bank menjadi masyarakat yang berinvestasi di saham.

By Dwifantya Aquina 25 Januari 2016 15:07
Ilustrasi Bursa Efek Indonesia (andri.id)

Money.id - Bursa Efek Indonesia (BEI) mengajak masyarakat untuk berinvestasi di pasar modal melalui produk reksa dana. Ini dilakukan agar dapat meningkatkan jumlah investor lokal yang dapat menjaga stabilitas industri.

"Ajakan investasi melalui produk reksa dana bertujuan mengubah budaya masyarakat yang cenderung menyimpan uangnya di bank (saving society) menjadi masyarakat yang berinvestasi di saham (investment society)," kata Direktur BEI Samsul Hidayat dalam konferensi pers pembukaan Pesta Reksa Dana 2016 di Jakarta, seperti dikutip dari Antara, Senin 25 Januari 2016.

Ia menambahkan, penyelenggaraan Pesta Reksa Dana 2016 juga bertujuan sebagai sarana peningkatan edukasi pasar modal secara langsung kepada masyarakat dan sarana peningkatan utilitas produk pasar modal.

"Melalui acara ini, masyarakat dapat membuka rekening reksa dana on the spot selama acara berlangsung," katanya.

Selain itu, dia berharap ke depannya dengan bertambahnya jumlah pemodal di pasar modal domestik, maka dapat meningkatkan aktivitas perdagangan di pasar modal.

Salah satu produk di pasar modal adalah reksa dana. Reksa dana dirancang sebagai sarana untuk menghimpun dana dari masyarakat yang memiliki modal, mempunyai keinginan untuk melakukan investasi, namun hanya memiliki waktu dan pengetahuan yang terbatas.

Berdasarkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) per 23 Desember 2015, terdapat 1.083 produk reksa dana yang terdaftar dengan jumlah total nilai aktiva bersih (NAB) sebanyak Rp268,44 triliun dan 181,94 miliar unit penyertaan dari 15 jenis reksa dana. Jumlah tersebut mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan data per akhir 2014 dengan 894 produk reksa dana yang terdaftar di OJK dan jumlah NAB yang tercatat sebanyak Rp241,57 triliun dari 142,72 miliar unit penyertaan.

Guna meningkatkan minat kalangan masyarakat umum untuk berinvestasi di produk reksa dana di Indonesia, BEI bersama Kliring Penjaminan Efek Indonesia (KPEI) dan Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) bekerjasama dengan Asosiasi Pengelola Reksa Dana Indonesia (APRDI) dan didukung OJK menyelenggarakan Pesta Reksa Dana 2016 pada 27-30 Januari 2016 di Jakarta.

Direktur Pengembangan BEI Hosea Nicky Hogan menambahkan bahwa penyelenggaraan itu menargetkan pengunjung 1.000 orang per hari dengan sasaran calon investor ritel, khususnya ibu rumah tangga, wiraswasta, karyawan, akademisi, profesional, dan masyarakat umum.

"Diharapkan, setengah dari jumlah peserta itu terkonversi menjadi investor di reksa dana," katanya.

Ia juga mengharapkan melalui penyelenggaraan ini dapat mendorong pemahaman lebih kepada masyarakat bahwa investasi di pasar modal itu mudah, terencana, dan murah.

"Sampai saat ini masih banyak masyarakat Indonesia menilai bahwa investasi di pasar modal merupakan sesuatu yang rumit, berisiko, dan mahal," katanya.

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section