1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Bayar Tol Cipali Kini Sudah Bisa Pakai Kartu Flazz BCA

Diharapkan transaksi non tunai di jalan tol Cipali ini akan berkontribusi langsung terhadap kelancaran arus kendaraan.

By Abdul Kharis 31 Maret 2016 18:20
Tol Cipali (Merdeka.com)

Money.id - PT Bank Central Asia Tbk (BCA) dan PT Lintas Marga Sedaya (LMS) merupakan pengelola tol Cipali di bawah naungan Jasamarga bekerjasama dalam penyelenggaraan transaksi e-payment atau pembayaran menggunakan uang elektronik di jalan tol Cipali.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan naskah perjanjian dan peresmian penggunaan Kartu Flazz sebagai salah satu alat pembayaran bagi pengguna jalan tol Cikopo – Palimanan (Cipali) pada 31 Maret 2016 di gerbang Tol Cikopo KM 78 Jalan Tol Cipali, Kamis 31 Maret 2016.

Sebelumnya, Kartu Flazz telah digunakan di Tol Makasar, Surabaya-Gresik dan Waru-Juanda.

Senior General Manager Head of Consumer Card BCA, Santoso mengatakan, langkah kerja sama ini adalah bagian dari upaya BCA memberikan kemudahan dan kenyamanan bertransaksi bagi masyarakat pengguna jalan tol dalam melakukan pembayaran tol dengan menggunakan uang elektronik.

“Flazz sebagai alat pembayaran elektronik Tol Cipali ini merupakan bentuk dukungan BCA dalam peningkatan cashless society, khususnya alat pembayaran di jalan tol. Dengan melakukan tap Kartu Flazz di gardu masuk dan gardu keluar tol, masyarakat dapat menikmati transaksi pembayaran lebih cepat dan perjalanan lebih lancar,” tutur Santoso.

Kepala BPJT, Herry Trisaputra Zuna mengatakan sebagai regulator jalan tol, pihaknya mendorong operator tol untuk terus menerus meningkatkan pelayanan. Diharapkan transaksi non tunai di jalan tol Cipali ini akan berkontribusi langsung terhadap kelancaran arus kendaraan.

Herry mengatakan, electronic toll collection untuk semua ruas jalan tol harus terwujud dalam tahun 2016 di mana semua gardu tol dapat menerima pembayaran non tunai.

"Tujuan akhirnya kan peningkatan pelayanan, untuk itu badan usaha jalan tol dan perbankan harus berkontribusi aktif. Kami harapkan sistem pembayaran elektronik di ruas-ruas jalan tol di Indonesia dapat saling terbuka antar bank, baik bank milik negara maupun bank swasta nasional."

"Dengan begitu tingkat penetrasi pembayaran non tunai akan lebih cepat meningkat. Masyarakat juga yang akan memperoleh manfaatnya karena transaksi pembayaran tol lebih cepat," kata Herry.

Kartu Flazz tidak hanya dapat dinikmati oleh nasabah BCA, namun juga oleh nasabah bank-bank lainnya yang telah melakukan co-branding Flazz, antara lain Bank OCBC NISP, Bank Danamon Indonesia, BPD DIY, Bank Jatim dan Bank Kalbar.

Flazz merupakan kartu elektronik pertama yang bekerja sama dengan LMS. Sistem pembayaran elektronik yang dibangun oleh LMS bersifat multibank dan terbuka bagi bank-bank penyelenggara e-payment yang berminat.

Kerja sama pembayaran tol non tunai ini akan diikuti oleh kerja sama dengan bank-bank lainnya untuk memberikan akses yang lebih luas kepada para pengguna jalan tol dalam melakukan transaksi non tunai di jalan tol Cipali. (dwq)

(da/ak)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section