1. HOME
  2. FINANCE
TIPS KEUANGAN

Baru Gajian Tapi Boros? Ini Tips untuk Menghemat Gaji Anda

Makan malam bersama teman-teman atau menonton film bersama keluarga di tengah bulan harus dibatalkan karena Anda tidak memiliki uang saat itu.

By Dian Rosalina 2 Februari 2016 19:05
Ilustrasi Gajian (www.dailyfinance.com)

Money.id - Sebagain besar pegawai negeri atau swasta pasti selalu bergantung pada gaji saat harus membayar ini itu. Namun hal tersebut tentu saja membuat frustasi, bukan? Apalagi gaji Anda tidak seberapa.

Seringnya hal-hal seperti makan malam bersama teman-teman atau menonton film bersama keluarga di tengah bulan harus dibatalkan karena Anda tidak memiliki uang saat itu. Melihat ekonomi Indonesia yang belum menunjukkan kondisi yang prima, sepertinya Anda harus pintar-pintar mengatur keuangan.

Dalam kalender di meja kantor atau di rumah kebanyakan dari Anda pasti sudah melingkari tanggal yang akan menjadi tanggal gajian Anda. Namun itu menunjukkan bahwa nantinya ditengah bulan Anda akan kehabisan uang.

Nah, daripada mengalami masa-masa seperti itu, lebih baik mulai sekarang Anda membatasi pengeluaran dan menabung sebagian dari gaji Anda. Dikutip dari Moneysavingdude.com, Selasa 2 Februari 2016, gunakanlah akal sehat agar bisa membalikkan keadaan.

Berikut ini tips mudah yang bisa Anda ikuti agar gaji bisa bertahan lebih lama di tangan Anda sampai bulan depan.

Tahu Diri

Bila Anda tipe orang yang boros dan kemana pun membawa kartu kredit saat belanja, sebaiknya itu segera dihentikan. Mungkin sudah saatnya bagi Anda untuk menerima kenyataan bahwa tidak semua barang yang diinginkan bisa dibeli sekali waktu.

Jangan memaksakan kehendak Anda untuk sesuatu yang belum terlalu penting. Cobalah berpikir lebih logis dengan keadaan Anda sekarang. Dahulukan kepentingan yang benar-benar mendesak sebelum membeli kebutuhan untuk kesenangan Anda semata.

Hitung Pengeluaran

Belajarlah untuk menghitung pengeluaran Anda selama ini. Seperti berapa banyak pemasukan dan berapa banyak pengeluaran sehari-hari.

Ketika gaji Anda telah keluar, sisihkan uang gaji tersebut dengan perhitungan pengeluaran Anda sehari-hari. Jadi misalkan terdapat sisa, Anda masih bisa menggunakan uang tersebut untuk bersenang-senang.

Buat Anggaran

Apakah Anda pernah menulis anggaran? Bila belum pernah, mengapa tidak mulai dari sekarang? Bila Anda ingin sekali keluar bersama teman-teman Anda di sabtu malam atau sekedar makan diluar, mulai sekarang harus dianggarkan.

Namun jika uang Anda terbatas, gantilah anggaran Anda untuk mengadakan rencana untuk memasak makan malam dan mengundang teman-teman ke rumah. Itulah cara Anda menikmati hidup ketika Anda tidak punya uang banyak.

Gunakan Uang Tunai

Cobalah untuk tidak selalu mengandalkan kartu kredit untuk biaya sehari-hari Anda, termasuk untuk jajan-jajan. Daripada kartu kredit, uang tunai lebih mudah dilacak dan Anda bisa melihat pengeluaran yang sesungguhnya.

Tapi Anda harus mengaturnya dan jangan dihabiskan sembarangan. Berusahalah untuk tidak pergi sesering mungkin ke ATM bila uang Anda di dompet masih ada.

Sedikit Perubahan

Masih sulit untuk menabung di bank karena takut Anda akan mengambilnya suatu hari nanti? Cobalah hal yang berbeda dari biasanya.

Sisihkan uang sehari-hari Anda jika memang memiliki sisa. Ubahlah gaya hidup Anda yang biasanya menaiki taksi kini beralih angkutan umum, atau membawa bekal dari rumah.

Dengan begitu tidak terasa pengeluaran Anda dari hal-hal kecil seperti itu ikut berkurang. Tetaplah fokus pada tujuan untuk menyisihkan uang gaji Anda.

Capai Tujuan Besar

Jika Anda akhirnya berhasil bertahan hidup sampai gajian selanjutnya tanpa harus meminjam uang dan masih memiliki sisa di ATM, berarti itu adalah sebuah kemajuan.

Namun hal tersebut harus Anda lakukan setiap hari agar bisa lebih terlihat hasilnya. Menjadi bijaksana dengan uang merupakan proses yang berkelanjutan, dengan cara ini lama kelamaan Anda bisa siap secara finansial. (dwq)

Baca Juga

(dr/dr)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section