1. HOME
  2. FINANCE
TARIF LISTRIK

Banyak Desa Belum Teraliri Listrik, Ini Masalahnya

Mulai 2017 Kementerian ESDM tidak lagi langsung membangun infrastruktur energi, tetapi...

By Rohimat Nurbaya 11 Maret 2016 11:01
Listrik (Pixabay)

Money.id - Sebanyak 65 persen desa di Indonesia belum teraliri listrik. Dari jumlah tersebut, sebagian besar terletak di enam provinsi kawasan Timur Indonesia. Saat ini ada 12.659 dari total 74.754 desa belum teraliri listrik.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Sudirman Said mengatakan, permasalahan tersebut sudah dibahas dalam Rapat Koordinasi (Rakor) Program Indonesia Terang (PIT) pada 8 Maret 2016.

Menurut Sudirman, penyebab lambatnya pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan perdesaan di daerah terdepan, perbatasan dan pulau-pulau kecil adalah karena wilayah itu dianggap tidak ekonomis secara bisnis.

"Akibatnya, tidak ada investor yang berminat," ucap sudirman dikutip dari laman Kementerian ESDM.

Kemudian kondisi geografis, sumber daya manusia dan pendanaan juga merupakan tantangan lain yang dihadapi dalam PIT. Padahal, apabila listrik sudah masuk ke desa, maka akan menumbuhkembangkan perekonomian lokal. Kegiatan usaha berjalan, pendapatan masyarakat dan negara meningkat.

"Sehingga dapat terus menjadi daya gerak untuk perekonomian yang lebih luas," ujarnya.

Dia menyebut, untuk itu perlu kehadiran negara untuk menjembatani jurang (gap) keekonomian tersebut. Sehingga listrik dapat dibangun secara mandiri dan berkelanjutan. 

Kemudian nantinya berujung pada ketersediaan pasokan listrik untuk rakyat di desa dengan kuantitas dan kualitas yang memadai.

Sudirman juga berharap agar pada 2016 sudah ada alokasi dana untuk PIT. Ditambah mulai 2017 Kementerian ESDM tidak lagi langsung membangun infrastruktur energi. Pembangunan tersebut akan lebih efektif dan efisien jika dilaksanakan oleh BUMN atau investor yang relevan.

"Selanjutnya dana yang ada di Kementerian ESDM akan dialokasikan untuk insentif di bidang energi atau untuk reimbursement biaya infrastruktur yang dibangun oleh BUMN melalui mekanisme penugasan dari Pemerintah," kata dia. (poy)

(rn/rn)

Related

Komentar

Trending Now

Recommended

What Next

More From Finance Section