1. HOME
    2. FINANCE
NEWS

Apa Itu Tax Amnesty dan Bagaimana Prosedur Resminya?

Kebijakan ini sempat menimbulkan keresahan masyarakat, akibat sosialisasi yang belum tepat. Biar jelas baca artikel berikut ini.

By Dwifantya Aquina 20 September 2016 08:03
Presiden Jokowi saat sosialisasi tx amnesty (Setkab.go.id)

Money.id - Dewan Perwakilan Rakyat sepakat untuk mengesahkan Undang-Undang Pengampunan Pajak atau tax amnesty. Kebijakan ini telah berlaku mulai 1 Juli 2016 hingga 31 Maret 2017.

UU ini sekaligus wujud komitmen pemerintah untuk terus melakukan reformasi kebijakan dalam perpajakan secara simultan dari tahun ini hingga tahun 2017. Dengan munculnya kebijakan pemerintah yang baru ini, diharapkan banyak dana yang bisa diserap dan masuk ke anggaran negara.

Kebijakan ini sempat menimbulkan keresahan masyarakat, akibat sosialisasi yang belum tepat. Masyarakat belum sepenuhnya paham apa itu tax amnesty termasuk juga kegunaannya bagi pribadi dan negara dalam arti secara luas. Dan yang lebih penting lagi, bagaimana cara agar mendapatkan tax amnesty tersebut? Artikel kali ini akan membahas tentang hal tersebut. Simak uraiannya yang dikutip dari laman Cermati.com berikut ini:

Tax Amnesty, Pengampunan Pajak, dan Manfaatnya

Secara umum, arti dari Tax Amnesty adalah pengampunan pajak. Tax Amnesty merupakan bagian dari kebijakan pemerintah dengan salah satu tujuan adalah menambah pemasukan negara untuk menambal defisit anggaran dari sumber utama pendapatan negara yaitu pajak itu sendiri. Lalu kenapa Tax Amnesty itu harus dilakukan?

Seseorang pengusaha punya banyak pilihan dimana dia menyimpan uangnya, apakah disimpan dalam bentuk simpanan di bank atau justru menyimpan uangnya di bank yang ada di luar negeri demi mendapatkan keuntungan lebih serta untuk menghindari beragam alasan. Salah satunya adalah pajak yang harus dibayarkan pada negara.

Tax Amnesty menjadi salah satu cara yang dilakukan agar para Wajib Pajak yang memiliki simpanan di luar negeri bersedia untuk mengungkap dana yang dimiliki lalu selanjutnya mau membayar pajak dengan tarif lebih rendah. Dengan cara ini pendapatan negara dari sumber pajak akan meningkat.

Sejarah Tax Amnesty

Tax Amnesty yang dilakukan sekarang ini, dulu juga pernah dilakukan di tahun 1984 namun gagal dan tidak sepenuhnya berhasil. Hal ini terjadi karena respon dari para Wajib Pajak yang memanfaatkan Tax Treaty ke negara lain seperti misalnya Singapura tidak mau menarik kembali uangnya sehingga target penarikan pajak dengan adanya Tax Amnesty pada kala itu kurang bisa berhasil. Selain itu Tax Amnesty di masa tersebut tidak dibarengi dengan penyehatan di sektor reformasi perpajakan termasuk pengawasan dan pelaksanaannya.

Tak hanya pada tahun 1984, versi lain dari kebijakan Tax Amnesty juga pernah diambil pemerintah sebagai bagian dari kebijakan politisnya di tahun 2008. Kebijakan ini hadir dengan versi mini yaitu apa yang disebut dengan Sunset Policy. Sunset Policy adalah kebijakan pemerintah untuk menekan jumlah WP yang kurang bayar atau pun salah dalam melakukan Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) PPh. Meski sempat juga mendapatkan pro dan kontra sebagaimana sekarang ini kebijakan Sunset Policy telah berhasil mengisi pendapatan negara hingga 7,46 triliun rupiah.

Pro Kontra Tax Amnesty

Sejak disahkan UU Tax Amnesty, muncul pro dan kontra di dalam masyarakat. Lalu kenapa harus terjadi pro dan kontra, bukankah kebijakan semacam ini sebenarnya menjadi kebijakan yang baik untuk mengembalikan penghasilan negara dari sektor perpajakan?

Pro Kontra muncul karena ada banyak orang yang merasa bahwa hal semacam ini dirasa kurang efektif sebab menunjukkan kecenderungan adanya rasa putus asa dari pemerintah untuk mengejar Wajib Pajak (WP) nakal yang melakukan penggelapan pajak dengan memanfaatkan Tax Treaty sehingga mereka bisa melarikan uangnya ke luar negeri. Selain itu juga dikhawatirkan akan terjadi kecemburuan antara WP yang taat dalam membayar pajak sehingga akan berubah pikiran dan bisa menjadi tidak taat pajak.

Apapun itu, sebagai warga negara yang baik, sudah seharusnya kita mendukung program mulia dari pemerintah tersebut.

Selanjutnya, bagaimana cara untuk mengikuti Tax Amnesty tersebut. Berikut adalah cara yang harus dilakukan terkait dengan prosedur dan mekanisme melakukan Tax Amnesty.

Bersambung ke halaman selanjutnya...

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section