1. HOME
  2. FINANCE
FINANCE

Alasan Kenapa Orang Masih Takut Punya Kartu Kredit

Padahal ada berbagai keuntungan bisa diperoleh seseorang yang menggunakan kartu kredit dengan bijak.

By Dwifantya Aquina 2 Mei 2016 14:01
Ilustrasi kartu kredit (Pixabay)

Money.id - Masih banyak orang yang takut memiliki kartu kredit. Alasannya rupa-rupa. Padahal jika Anda mempelajari dengan seksama, banyak keuntungan yang didapat. Kalau Anda seorang ibu rumah tangga misalnya; Anda bisa mendapatkan diskon, cashback, atau reward, jika bertransaksi dengan kartu kredit saat belanja di supermarket.

Atau Anda seorang traveler yang rutin ke luar negeri? Anda waib memiliki kartu kredit yang punya program airmiles, airport lounge, dan asuransi perjalanan. Tapi terlepas dari berbagai keuntungan kartu kredit ini, ada alasan bahwa memiliki kartu kredit dianggap bisa menjerumuskan ke dalam lembah utang. Ini memang benar, terutama kalau Anda tidak paham cara menggunakannya.

Takut berutang

Kartu kredit memang memberikan fasilitas cicilan sehingga membuatmu berutang. Harga barang yang Anda beli jadi lebih mahal karena dikenai bunga. Tapi jangan khawatir karena ada cilcilan 0%. Nah cicilan 0% ini membuatmu bisa membeli barang dengan cara mengangsur per bulan dengan bunga 0%.

Misalnya Anda sangat butuh penanak nasi baru karena yang lama sudah rusak. Tapi saat ini akhir bulan dan Anda tidak punya uang. Anda pun menggunakan kartu kredit dengan cicilan 0%.

Jumlah yang Anda bayarkan sama dengan harga asli penanak nasi tanpa tambahan bunga, kelebihannya Anda bisa langsung membawa penanak nasi ke rumah ke rumah. Jika harga penanak nasi Rp600.000, Anda hanya perlu membayar Rp100.000/bulan selama enam bulan tanpa biaya tambahan.

Kalau tidak mau berutang, tinggal bayar saja tagihan sebelum jatuh tempo. Akan tetapi jika bertransaksi menggunakan kartu kredit, Anda akan tetap lebih untung karena bisa mendapatkan reward.

Takut bunga tinggi

Bunga yang berlaku sesuai peraturan BI yakni 2.95%/bulan dari total tagihan. Bank penerbit kartu kredit akan memberlakukan bunga atas transaksi pembelanjaan yang akan ditagihkan dengan beberapa ketentuan.

1. Anda tidak melakukan pembayaran pada saat jatuh tempo
2. Melakukan pembayaran kurang dari total tagihan Kartu Kredit (pembayaran tidak penuh/mencicil bukan dengan cicilan 0%)
3. Melakukan pembayaran penuh setelah tanggal jatuh tempo pembayaran

Kalau Anda tidak mau dikenai bunga, tinggal membayar di luar tiga ketentuan di atas.

(Baca juga: Lima Kebiasaan Ini Bisa Membuatmu Terbebas dari Utang)

Takut ketergantungan

Kartu kredit memang membuat transaksi jadi mudah. Tinggal gesek dan Anda pun bisa membawa pulang barang yang Anda inginkan. Kemudahan ini bisa menimbulkan candu. Tidak hanya wanita yang senang berbelanja lho, belanja pria justru lebih mahal karena pria biasanya sangat gandrung pada barang elektronik atau otomotif.

Lantas bagaimana supaya tidak ketergantungan? Sebelum memutuskan membeli, tanyakan apakah Anda bisa melunasinya secara tunai. Atau jika kebutuhan mendesak seperti kasus penanak nasi di atas, apakah cicilan per bulannya tidak akan memberatkanmu. Kalau cicilan berjumlah lebih dari 20% dari total penghasilan sebulan, segera urungkan niat untuk menggesek kartu kredit.

Cuma buat gaya-gayaan

Ya, jika pemiliknya adalah anak sekolah yang belum berpenghasilan. Kalau Anda punya banyak kartu kredit tapi jarang memanfaatkan fasilitas yang ditawarkan, ini juga bisa disebut cuma buat gaya-gayaan. Ujung-ujungnya kartu kredit jarang digunakan tapi Anda harus tetap membayar biaya tahunan.

(Baca juga: Anda yang Punya Kartu Kredit Lebih dari Satu, Ini Trik Anti Boros untuk Menggunakannya)

Pilihlah kartu kredit yang sesuai dengan kebutuhan, kesanggupan, dan gaya hidupmu. Pelajari juga berbagai keuntungan, simulasi cicilan, dan biaya. Kalau Anda sudah melakukannya, Anda tidak perlu merasa takut lagi.

 

Baca Juga

(da/da)

Related

Komentar

Recommended

What Next

More From Finance Section